Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Business

Produsen Sepatu Nike Berikan 24 Mesin Jahit, Warga Kuningan Bisa Kursus Gratis dan Jadi Karyawan

KUNINGAN (MASS) – Salah satu perusahaan produsen sepatu Nike, PT Shoetown Ligung Indonesia memberikan 24 mesin jahit khusus sepatu pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kuningan.

Pemberian mesin jahit itu, bagian dari kerjasama pengembangan keterampilan SDM yang bekerjasama dengan Pelayanan Bea Cukai Cirebon melalui program CSR. Penyerahan mesin jahit itu, secara simbolis dilakukan di halaman UPTD Balai Latihan Kerja Disnakertrans Kuningan, Kamis (9/3/2023) siang ini.

Hadir dalam kegiatan, Wabup M Ridho Suganda M Si, Kadisnakertrans Dr Charlan M M Pd (Elon), Kepala KPPBC Encep Dudi Ginanjar, serta COO PT Shoetown Ligung Indonesia Chang Chi Chin dan direktur perusahaan Welly Tanuwidjaja.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kadisnaker Dr Charlan dalam smabutanya menghaturkan terima kasihnya pada perusahaan PT Shoetown Ligung yang memberikan bantuan latihan menjahit sepatu. Apalagi, dengan bantuan ini pihaknya tidak dibebankan APBD untuk mencetak warga Kuningan terampil.

“Bentuk pemberian hibah ini, awal (sebelum wacana investasi lain),” ujarnya sembari menbandingkan, pemberian ini tidak diberikan ke Cirebon atau Majalengka.

Total bantuan peralatan sendiri sekitar Rp600 juta. Setiap mesin, senilai 25 juta. Ini merupakan putaran awal, sebelum nantinya ada putaran kedua untuk ToT.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Ada tidak ada pabrik, kita ada tanggung jawab moral pemberian ini,” kata Elon.

Kursus keterampilan menjahit sepatu ini bersifat gratis. Nantinya, warga Kuningan yang sudah dianggap terampil, bisa ditarik menjadi pegawai perusahaan PT Shoetown Ligung di Majalengka. Pendaftar pelatihan sendiri, kini sudah ratusan.

“Targetan saya melihat peluang pasar, ini yang menerimanya sudah pasti (sudah padti tersalurkan),” kata Elon.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Direktur perusahaan Welly Tanuwidjaja mengatakan, program penjaringan talenta muda ini membuka kesempatan pencari kerja untuk siap berkompetisi.

“Program ini akan memberikan kalian training in class dan pengalaman bekerja secara langsung di area produksi on the job training (OJT), tentunya akan membantu mengembangkan hard skill maupun soft skill kalian. Raih kesempatan besar ini dan siapkan diri anda untuk menjadi bagian yang kami inginkan,” pesannya.

Sementara, Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda M Si mengapresiasi apa yang dilakukan produsen sepatu Nike tersebut di Kuningan. Hal ini, merupakan bukti konkrit industri peduli pada pembangunan sektor ketenagakerjaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Mengingat saat ini dihadapkan pada kenyataan, masih tingginya tingkat pengangguran. Pada umumnya mereka yang belum terserap oleh lapangan kerja tersebut tidak memiliki kompetensi khusus yang memungkinkan mereka dapat bekerja, baik sebagai pekerja pada perusahaan-perusahaan atau pekerja mandiri. Maka dengan adanya program CSR ini dapat memberikan peluang untuk meningkatkan skill dalam menghadapi persaingan dunia kerja dan mengentaskan pengangguran di Kabupaten Kuningan,” sebutnya.

Acara sendiri, selain dibuka dengan penandatanganan prasasti, juga dilakukan gunting pita di ruang pelatihan jahit sepatu. Nampak, beberapa pemuda-pemudi sudah mulai mengoperasikan mesin jahit disana. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – OLC (Our Learning Center) Kampung Inggris Kuningan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-5 di Woodland Setianegara, Kecamatan Cilimus pada Minggu (1/9/2023)...

Health

KUNINGAN (MASS) – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kuningan menggelar Seminar Profesi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan tema “Pentingnya Penerapan Desain Stasiun Kerja...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kabar tidak sedap datang dari “euforia” dibukanya lowongan kerja untuk pabrik garmen PT Fashion Stitch Joshua Indonesia di Kecamatan Cidahu. Pasalnya,...

Government

KUNINGAN (MASS) – Badan Buruh dan Pekerja PP Kuningan menggelar diskusi serta dialog publik soal ketenagakerjaan di Kopi Lendot Mang Elon di Jalaksana, Minggu...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kuningan Dr Elon Charlan menjawab tudingan dan kritikan yang tertuju padanya soal naiknya angka pengangguran....

Education

KUNINGAN (MASS) – Seringkali, belajar di sekolah memang tidak cukup bagi siswa. Apalagi, di zaman serba daring ini, banyak sekali pelajaran yang tidak mudah...

Education

KUNINGAN (MASS) – Dalam upaya penguatan karakter mahasiswa, STIKes Muhammadiyah Kuningan mengadakan program CBLP (Character Building Leadership Program). Kegiatan CBLP yang dilaksanakan di kampus...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Meski sudah pensiun, mental pengabdian yang dimiliki Ir H Jajat Sudrajat MSi (mantan kepala Dinas PUPR) kepada masyarakat masih tinggi. Ini...

Advertisement