Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Pocong Pun Ikut Takbiran

KUNINGAN (MASS) – Warga di Desa Caracas Kecamatan Cilimus  memiliki tradisi unik menggelar takbir keliling yakni dengan kostum pocong. Hal ini dilakukan  dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Remaja Masjid Al- Ikhlas sejak pukul 19.30 WIB atau setelah melaksanakan solat isya pada  Selasa (4/6/2019) malam.

Menurut Yanto warga setempat mengakui pagelaran tradisi itu merupakan agenda rutin warga setiap tahun di akhir bulan Ramadan. Tujuannnya menghibur warga.

“Setiap tahun kalau diakhir bulan Ramadan pasti warga dihibur dengan kegiatan unik seperti ini, kalau tahun lalu musik tradisional genjring saja dan kali ini lebih meriah takbir keliling dengan kostum pocong,” ujar pria yang selalu membimbing semua kegiatan Irmas .

Terpisah, Ketua Panitia Remaja Masjid Al-Ikhlas Imam Buleng menerangkan,  tradisi tahunan itu memang wajib dilakukan dan dilombakan mengingat antusias warga warga desa.

“Beragam cara dan ekspresi umat Islam di negeri ini dalam menyongsong hari kemenangan di Ujung bulan Ramadhan,” kata imam .

Menurutnya, bahwa berbagai kegiatan lomba hiburan untuk warga desa caracas itu diantaranya dari lomba , Adzan, Pidato keagamaan, Tahfidz Juz Amma hingga Takbir keliling.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Lomba takbir keliling kali ini terbilang unik, karena dengan atraksi kostum pucong. Fashion pocong di iringi suara lantunan takbir peserta lomba. Bukan hanya pocong monyet pun ada,” katanya.

Dikatakan, pihaknya merefleksi dari kegiatan ini adalah pada perjalanan kehidupan manusia kelak di alam kekal. Sehingga ada pesan moral yang disampaikan.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement