Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Pertahankan Titik-Titik Mata Air, Lakukan Penanaman Pohon

KUNINGAN (MASS) – Mata air merupakan sumber kehidupan. Dengan adanya sumber air yang melimpah, bukan hanya kebutuhan pokok, tapi juga kebutuhan pertanian dan kebersihan bisa terpenuhi.

Karenanya, di tengah semakin berkurangnya kesadaran akan perairan mata air, kaum muda Kecamatan Darma inisiatif untuk mengikat dan mempertahankan kembali titik-titik mata air yang hampir hilang.

Para pemuda yang tergabung dalam Volunteer Pertiwi itu, pada Minggu (4/7/2021), melakukan perawatan mata air dengan cara pembibitan dan penanaman pohon.

Adapun yang ditanam merupakan bibit Picung, Muncang, Trembesi, Ketapang, Gaharu dan masih banyak lainya.

Volunteer Pertiwi tidak sendiri, mereka bekerja sama dengan karang taruna Desa Kawahmanuk melakukan penanaman adopsi setidaknya 50 pohon.

Penanaman tersebut, dibersamai langsung oleh ketua karang taruna dan disupport oleh kecamatan, aparatur desa, masyarakat bahkan komunitas pecinta alam seperti Igmapala, Pendawa,Sitapala dan pegiat alam lainya.

Ketua pelaksana Rivan, menjelaskan kegiatan penanaman pohon dilakukan di beberapa daerah resapan air seperti Desa Cikupa dan akan berlanjut ke daerah resapan lainnya.

“Wariskanlah mata air kepada anak cucu, jangan wariskan air mata, dengan ditanamnya pepohonan di wilayah hulu, diharapkan ke depan anak cucu kita tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih terutama saat musim kemarau,” pesannya. (Eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bulan November kita kenal sebagai bulan Pahlawan atau Kepahlawanan. Karena, ada yang tidak boleh hilang dari memori kolektif bangsa ini, sebuah...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dibukanya 1.041 formasi P3K (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Kuningan, ternyata masih dikeluhkan honorer. Pasalnya, beberapa formasi yang dibuka ternyata...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, digelar upacara di banyak tempat. Termasuk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, Sabtu...

Advertisement