Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Pertahankan Titik-Titik Mata Air, Lakukan Penanaman Pohon

KUNINGAN (MASS) – Mata air merupakan sumber kehidupan. Dengan adanya sumber air yang melimpah, bukan hanya kebutuhan pokok, tapi juga kebutuhan pertanian dan kebersihan bisa terpenuhi.

Karenanya, di tengah semakin berkurangnya kesadaran akan perairan mata air, kaum muda Kecamatan Darma inisiatif untuk mengikat dan mempertahankan kembali titik-titik mata air yang hampir hilang.

Para pemuda yang tergabung dalam Volunteer Pertiwi itu, pada Minggu (4/7/2021), melakukan perawatan mata air dengan cara pembibitan dan penanaman pohon.

Adapun yang ditanam merupakan bibit Picung, Muncang, Trembesi, Ketapang, Gaharu dan masih banyak lainya.

Volunteer Pertiwi tidak sendiri, mereka bekerja sama dengan karang taruna Desa Kawahmanuk melakukan penanaman adopsi setidaknya 50 pohon.

Penanaman tersebut, dibersamai langsung oleh ketua karang taruna dan disupport oleh kecamatan, aparatur desa, masyarakat bahkan komunitas pecinta alam seperti Igmapala, Pendawa,Sitapala dan pegiat alam lainya.

Ketua pelaksana Rivan, menjelaskan kegiatan penanaman pohon dilakukan di beberapa daerah resapan air seperti Desa Cikupa dan akan berlanjut ke daerah resapan lainnya.

“Wariskanlah mata air kepada anak cucu, jangan wariskan air mata, dengan ditanamnya pepohonan di wilayah hulu, diharapkan ke depan anak cucu kita tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih terutama saat musim kemarau,” pesannya. (Eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

BNNK

Bappenda

Uniku

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Terjadinya penurunan level PPKM dari level 4 menjadi PPKM Level 3 yang diterapkan di Kuningan, tidak membuat kegiatan operasi yustisi yang...

Government

KUNINGAN (MASS) – Ibu Sarwi (73) salah seorang warga Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan begitu sumringah ketika melihat rombongan Polres Kuningan mendatangi rumahnya. Kedatangan mereka...

Government

KUNINGAN (MASS) – Staf téritorial Kodim 0615/Kuningan meninjau lokasi jalan yang rencananya akan diperbaiki lewat program Bhakti Siliwangi Satata Sariksa (BSMSS). Jalan yang akan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Selama masa pemberlakuan PPKM Darurat, Polres Kuningan terus bergerak membantu masyarakat dengan menggelar bakti sosial (baksos) di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan....

Advertisement