Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Peringati Poe Basa Indung Sadunya, Digelar Pasanggiri Biantara Basa Sunda

KUNINGAN (MASS)- Untuk memperingati Poe Basa Indung Sadunya yang dilaksanakan setiap tanggal 21 Februari, Sekda Kuningan sekaligus Pembina Utama Madya  Dr H Dian Rachmat Yanuar  MSi memberi himbauan kepada seluruh warga Kuningan untuk berpartisipasi mengisi moment tersebut.

Caranya  dengan ikut serta dalam kegiatan pasanggiri Basa Sunda, Menggunakan Basa Sunda sebagai bahasa pengantar dalam forum-forum resmi lingkup tempat kerja dan Memasang Spanduk mulai tanggal 15 -26 Februari.

Bulan ini merupakan moment yang strategis bagi pengguna bahasa disemua kalangan, UNESCO menetapkan tanggal 21 Februari sebagai International Mother Language Day atau Hari Bahasa Ibu Internasional.

Ketetapan ini yang kemudian menjadi rujukan diperingatinya hari bahasa ibu di berbagai belahan dunia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan Perda No 14 Tahun 2014, sebagai revisi Perda No 5 Tahun 2003 yang berisi tentang pemeliharaan bahasa, sastra dan aksara daerah.

Demi mendukung maksud dan tujuan Perda tersebut, di dalam pasal  5a tercantum di antaranya adalah menyelenggarakan pelatihan, penataran, seminar, lokakarya, diskusi, apesiasi dan kegiatan sejenisnya.

Khusus di Jawa Barat, kegiatan ‘Miéling Poé Basa Indung’ digagas oleh Yayasan Lembaga Basa Jeung Sastra Sunda  (LBBS) yang dikawal oleh budayawan sunda Darpan dan Taufik Faturochman.

LBBS sebagai organisasi sosial dan nirlaba mengajak kepada para Walikota dan Bupati di Jawa Barat untuk memperingati kegiatan ini, sebab berdasarkan amanat Undang-Undang, Bahasa dan Sastra Sunda merupakan kekayaan budaya bangsa yang wajib dilestarikan.

Menyikapi ajakan peringatan tersebut Disdikbud DP Korpri dan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan bekerja sama untuk menyelenggarakan Pasanggiri Biantara Basa Sunda antar pegawai Se-Kabupaten Kuningan (SKPD, kecamatan, BUMD) secara Virtual.

Pendaftaran dan pengiriman video mulai tanggal 1 – 15 Februari  2021, Penilaian oleh juri pada tanggal 17 – 18 Februari 2021.

Sementara  pengumuman pemenang nya akan dilaksanakan secara Virtual di Youtube channel Bidang Kebudayaan Disdikbud Kuningan atau bertempat di Gedung Kesenian Raksawacana pada tanggal 22 Februari 2021.

Tanggung jawab melestarikan bahasa, sastra dan budaya sunda merupakan tanggung jawab bersama. Diperlukan sebuah upaya sinergis yang melibatkan berbagai unsur.

Dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan agar nilai-nilai mulia yang terdapat di dalam kebudayan sunda dapat menyatu dengan kepribadian bangsa Indonesia, khususnya dalam pembentukan karakter Masyarakat.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Untuk update Jumat (18/6/2021) kasus positif covid-19  mengalami kenaikan yang sangat luar biasa, dimana kenaikanya mencapai 399 orang. Kenaikan ini merupakan rekor...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kita semua tahu. PLTU paling banyak digunakan di Indonesia.Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) memanfaatkan energi uap dari hasil kinerja pompa air...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang saat ini tengah menghadapi peningkatan permintaan listrik sebanyak 10% setiap tahunnya. Oleh karena itu,...

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓️Jum’at, 7 Dzulqa’dah 1442 H / 18 Juni 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚ﻭﻟﺪﺗﻚ ﺃﻣﻚ ﻳﺎ ﺍﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﺑﺎﻛﻴﺎًﻭﺍﻟﻨﺎﺱ ﺣﻮﻟﻚ...

Advertisement