Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Muhammadiyyah Mulai Taraweh Malam Ini

KUNINGAN (MASS) – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1433 H jatuh pada Sabtu (2/4/2022) besok.

Hal itu, sesuai dengan Maklumat yang dikuarkan dengan Nomor 01/MLM/1.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Karenanya, jika mengacu hal tersebut, maka organisasi serta AUM Muhammadiyyah serentak melakukan taraweh pada Jumat (1/4/2022) malam.

Hal itu juga yang dilakukan STKIP Muhammadiyyah. Seperti yang terkonfirmasi Ketua STKIP Nanan Abdul Manan M Pd.

“Iya (taraweh malam ini, red),” jawabnya soal mulai taraweh.

Berbeda dengan Muhammadiyyah, organisasi islam lainnya, NU menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Minggu, (3/4/2022) mendatang.

Menyusul setelah itu, Pemerintah Indonesia mellaui Kemenag menetapkan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada Minggu (3/4/2022) mendatang.

Hal itu, berdasarkan hasil pemantauan hilal dari 101 titik di 34 provinsi tidak melihat hilal sesuai prasyarat yang ditetapkan MABIMS, yakni ketinggian hilal 3 derajat dengan elongasi 6,4 derajat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ketua Forum Pondok Pesantren Kuningan KH Aman Syamsul Falah, kala dipintai keterangan menyebut pihaknya juga menganjurkan untuk mengambil hari Ahad.

“Alkhuruj Minal Khilaf Mustahab, Keluar daripada perbedaan itu sunnah. Maka ambil, pendapat yang menghilangkan perbedaan pendapat yakni keputusan pemerintah,” sebutnya.

KH Aman menyebutkan, ada kaidah Hukmul Halim Yarfaul Hilaf, bahwa keputusan hakim, dalam hal ini pemerintah, meniadakan perbedaan pendapat. Bagi yang masih bingung, KH Aman menyarankan untuk memegang pada apa yang diputuskan pemerintah saja. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pendidikan usia dini memiliki peranan penting dan luar biasa untuk masa depan anak. Apapun yang diterima anak di usia emas ini,...

Education

KUNINGAN (MASS) – Menyambut milad/hari jadinya yang ke-58, IMM Kuningan menggelar berbagai rangkaian kegiatan selama tiga hari belakangan. Kegiatan yang mengusung tema “Menguatkan Kemandirian”...

Education

KUNINGAN (MASS) – Nampaknya, dalam waktu dekat Muhammadiyyah akan segera memiliki kampus bertaraf Universitas di Kuningan. Kabar itu, disampaikan langsung Ketua STKIP Muhammadiyyah Kuningan...

Advertisement