Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Tourism

Milangkala, Linggamekar Hadirkan Tarian Nyi Bohi Alias Nyiru, Boboko dan Hihid

KUNINGAN (MASS) – Desa Linggamekar Kecamatan Cilimus menggelar Milangkala Desa Linggamekar Ke-37 yang di laksanakan di Lapangan Buah Gede Linggamekar pada  Minggu (27/10/2019) pagi. Pada acara milangkala digelar berbagai kesenian.

Peringatan hari lahir Linggamekar dihadiri oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Jaka Chaerul, unsur muspika yang terdiri dari Kapolsek Cilimus, Camat Cilimus, Danramil, Serta tokoh masyarakat.

Kegiatan diawali dengan kirab budaya dan parade seni. Salah satunya adalah tari Nyi Bohi yang dilakukan oleh masyarakat Linggamekar. Tari Nyi Bohi merupakan singkatan dari Nyiru, Boboko dan Hihid yang dijadikan media dalam tarian.

“Milangkala desa Linggamekar ini dilaksanakan bermaksud ucapan rasa syukur masyarakat terhadap hasil pertanian, dan bertujuan untuk menumbuhkan jiwa gotong royong, menjadikan event lokal dalam menjadikan desa wisata rintisan,”  ucap Ketua Pelaksana Iwan Hernawan.

“Pada perayaan kali ini, kami menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya jiarah makam, gerakan sadar wisata, parade obor, kirab budaya, dan parade seni. Sedangkan peserta parade seni dan kirab budaya ditampilkan oleh masing-masing Dusun untuk selanjutnya dinilai oleh juri,” jelasnya.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Kuningan H Acep Purnama  mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Desa Linggamekar yang telah berulang tahun yang ke-37. Moment Milangkala desa ini merupakan  bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

“Mudah mudahan berbagai potensi yang dimiliki desa ini menjadikan salah satu semangat yang dimiliki Desa Linggamekar untuk mencapai apa yang diimpikan atau dicita-citakan oleh Desa Linggamekar sehingga semakin mekar, dan bisa menjadi desa wisata yang memiliki daya tarik” ucap Bupati Acep. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement