Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Merawat Seni di Tengah Pandemi ala Teater Siliwangi 106

KUNINGAN (MASS) – Setelah beberapa tempo kegiatan pementasan kesenian dan teater terjeda karena terdampak pandemik Covid-19, beberapa waktu terakhir sudah telihat kembali geliat pementasan teater yang diselenggarakan secaran luring dengan pembatasan penonton dan pementasan yang disiarkan secara daring melalui kanal YouTube oleh beberapa komunitas teater.

Teater Siliwangi 106 menjadi salah satu teater yang tetap aktif beraktivitas dan memproduksi pementasan di tengah pandemik Covid-19. Selama pandemik, teater yang menjadi wadah penghimpun para pemuda yang memiliki semangat berkesenian di Kuningan ini telah mendapat 16 kejuaraan mulai dari Juara 1 video kreatif ikatan dokter Indonesia, Juara 1 lomba film pendek MSMC provinsi Jawa Barat, Juara 2 lomba filmisasi sastra Sunda PP-SS Jawa Barat dan Banten, Juara 1 film terbaik lomba film pendek FPSH HAM Disdik Jawa Barat, hingga karya filmnya ditayangkan di Genflix.id.

Setelah tertidur beberapa waktu, Teater Siliwangi 106 kembali terbangun untuk tetap merawat seni di tengah pandemik dengan membuat sesuatu yang berbeda dari sebelumnya yakni pementasan kabaret berjudul The Hunters.

Kabaret adalah sebuah seni pertunjukan yang memadukan unsur seni tari, seni peran, seni sastra, seni musik, dan unsur seni rupa yang dipadukan dalam sebuah alur cerita yang mengandung pesan sosial yang disampaikan kepada penonton. Berkabaret merupakan proses untuk menjaga kelestarian seni dan budaya, memberikan pemahaman terhadap nilai budaya yang asli melalui proses pendidikan kebudayaan secara langsung. Berkabaret juga menjadi wahana pendidikan identitas kewarganegaraan dalam bentuk kesenian.

Kabaret The Hunters dimainkan oleh siswa/siswi SMA rentang usia 16-18 tahun dengan jumlah pemain dan crew produksi sebanyak 55 orang. Pertunjukan yang ke 117 ini membawa pesan yang berhubungan dengan upaya kebertahanan manusia di tengah keadaan yang tidak baik-baik saja seperti pandemik covid-19 ini.
28 Oktober kemarin tepatnya pada momentum hari Sumpah Pemuda, Teater Siliwangi 106 secara resmi menayangkan hasil rekaman pementasan kabaret The Hunters melalui kanal YouTube nya @Teatersiliwangi106officialSmanci dan sudah ditonton sebanyak 1,6 ribu kali.

Menurut pernyataan Founder Teater Siliwangi @AdityaToha penonton pementasan tersebut didapatkan secara organik tanpa iklan dan menjadi hal yang patut disyukuri karena dalam jangka

Advertisement. Scroll to continue reading.

waktu 16 menit penonton sudah mencapai 200. Pementasan ini juga banyak diapresiasi oleh tokoh masyarakat di Kuningan dan dianggap sebagai trobosan baru karena menyajikan pertunjukan virtual untuk menghibur masyarakat selama pandemik dengan gaya pengambilan video yang sangat menarik.

Tunggu apa lagi, yuk isi waktu kosong kita dengan mengapresiasi hasil karya seni dari para pemuda Kuningan dengan menontonnya di kanal YouTube @Teatersiliwangi106officialSmanci.

Penulis : Anisya Gustiani
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Ditulis sebagai Tugas Kajian Drama

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Lifestyle

KUNINGAN (MASS) – Kontes ajang menyanyi Kuningan Superstar (KSS) kini masuk babak baru. Setelah kemarin pada Minggu (16/3/2022) diaelenggaeakan Battle Time dari 40 peserta,...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Lengah sedikit maling langsung beraksi. Hal ini setidaknya terjadi di Desa Cileuleuy Kecamatan Cigugur, pada Minggu (16/1/2022) malam atau bada magrib, dimana...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Selain menetapkan program unggulan, hasil raker Korpri di Kabubaten Subang menghasilkan uang sumbangan Rp25 juta. Uang itu untuk pembangunan musala Al-Furqan Korpi...

Headline

KUNINGAN (MASS)-  Penemuan mayat di sungai Cisanggarung Desa Benda Kecamatan Luragung akhirnya dikuburkan pada Minggu sore. Hal ini karena identitas korban tidak diketahui meski...

Advertisement