Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Cinta Laura ke Cibuntu, Sosialisasikan Anugerah Desa Wisata Indonesia

KUNINGAN (MASS)- Desa Wisata Cibuntu Kecamatan Pasawahan, Senin (31/5/2021) pagi  mendapatkan tamu istimewa yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Mantan Wagub DKI Jakarta itu, tidak sendiri, ia didampingi artis Cinta Laura dan penyanyi dangdut pituin Kuningan Ega Noviantika.

Mereka datang untuk melakukan Sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Even ini akan digelar mulai Juni 2021.

Kenapa lokasi sosialisasi di Cibuntu? Sebab Desa Cibuntu, desa wisata terbaik di Indonesia. Berikut rincian prestasinya.

Desa Wisata Cibuntu pernah menyabet sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay.

Selain itu, pada 2017, desa ini juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Kemudian Cibuntu juga memiliki daya tarik wisata berupa air terjun, kolam renang, dan camping ground.

Dimana pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Atraksi budaya juga menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh Desa Cibuntu adalah tarian penyambutan pengunjung.

Selain itu daya tarik lainnya berupa suvenir kriya, yaitu produk-produk kesenian yang terbuat dari pemanfaatan limbah kayu.

Kemudian juga banyak tersedia homestay, sebagai tempat istirahat dan penginapan untuk wisatawan.

Menparekraf Sandiaga Uno  menyebutkan, sosialisasi Desa Wisata di Desa Cibuntu merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh pihanya. Adapun  temanya mengangkat tema “Indonesia Bangkit”.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Rangkaian Sosialisasi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan dimulai pada tanggal 22 Mei2021 sampai dengan tanggal 25 Juni 2021.

Kunjungan ke Cibuntu merupakan desa ke empat setelah mengujungi 3 desa wisata sebelumnya yaitu desa wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang, desa wisata MAS Ubud Bali dan desa wisata Tugu Selatan Cisarua Bogr.

Sosialisasi program desa wisata menjadi salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga diharapkan sukses.

Pada kesempanta itu, Sandi mengatakan, karena pandemi, maka desa terpaksa harus mencari cara untuk dapat survive dan menghasilkan pendapatan lain yang tidak sekedar berpangku pada pekerjaan mayoritas masyarakatnya saja.

Dengan mulai mengusung konsep desa wisata sudah tentu akan menambah nilai tambah desa itu sendiri karena mengadaptasi pendekatan ekonomi kreatif.

“Untuk itu desa juga harus meningkatkan ketrampilan masyarakatnya terutama untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi yang belum berakhir dengan berinovasi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selanjutunya menciptakan konten-konten menarik untuk mengangkat wajah dan keunggulan desa yang dapat dijual dalam satu paket wisata yang unik dan menarik.

Ditambahkannya, pemerintah ingin memberikan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Jadi harapan Kemenparekraf, kita dapat fokus pada pemulihan ekonomi nasional. Dan program desa wisata ini menjadi simbol munculnya kebangkitan ekonomi nasional,” tandasnya.

Ditempat yang sama, artis cantik, Cinta Laura juga mengajak kepada seluruh generasi muda, khususnya generasi muda kabupaten kuningan bahwa, jangan takut untuk bersuara.

Karena menurutnya, generasi muda lah yang potensi tinggi untuk membuat konten-konten kreatif.

Sehingga dapat memperlihatkan kebudayaan dan keindahan Kabupaten Kuningan untuk khal layak umum.

“Jadi jangan takut menjadi seseorang yang inovatif dan kreatif, karena kalian adalah harapan masa depan untuk Kabupaten Kuningan,  mudah mudah desa-desa lain yang ada di Indonesia bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan hari ini,  karena aku percaya bahwa wisata indonesia bisa bangkit lagi dengan kekuatan yang ada pada kita semua,” imbuhnya.

Sementara, artis lokal Kabupaten Kuningan, Ega Noviantika mengucapkan, kedepannya ia akan membantu mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Kuningan  melalui chanel youtubenya.

“Saya merasa bangga dan kaget ternyata Kuningan seindah ini, semoga kedepannya Kabupaten Kuningan lebih maju lagi,” tuturnya.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PKB

PD

PAM

Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Memperingati Hari Pariwisata Dunia 41 Disporapar Kuningan menggelar Festival Waduk Darma Dalam Kemasan Vitual 2021. Pada festival yang dipusatkan di Waduk Darma...

Culinary

KUNINGAN (MASS) – Bagi kalian pecinta kuliner, tempat yang satu ini bisa jadi pilihan baru. Namanya Meetime Rasain yang ada di Ciporang depan Marsal...

Headline

KUNINGAN (MASS)-  Fahrurozi Dwiki Hermawa (12) siswa MTs Harapan Baru Cijantung Kabupaten Ciamis yang tewas tenggelam  di sungai Cileueur, Leuwi Ili Dusun Wetan RT...

Village

KUNINGAN (MASS) – Karena kekosongan salah satu perangkat desa, yakni Kaur Umum dan Perencanaan di Desa Muncangela Kecamatan Cipicung, akhirnya digelar seleksi terbuka. Panjaringan...

Advertisement