Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Media Kreatif dan Inovatif Bimbingan dan Konseling Masa Kini: Jurnal BK-Ku

KUNINGAN (MASS) – Teknologi Informasi di era globalisasi sangat berkembang pesat di dalam kehidupan masyarakat.

Penggunaan fasilitas komunikasi yang semakin canggih memberikan peluang bagi setiap individu untuk mengakses informasi sesuai keinginan serta dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa memikirkan waktu.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan suatu perubahan besar dalam komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat di era modern.

Berdasarkan data pada Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) pada tahun 2013 (dalam Juwita, p. 1) dapat diketahui bahwa Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang.

Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Memasuki era globalisasi, remaja merupakan kalangan yang sering menggunakan media internet khususnya media sosial.

Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh Depkominfo pada tahun 2012 (dalam Juwita, p. 2) dapat diketahui bahwa Semakin banyak pengguna internet merupakan anak muda.

Mulai dari usia 15-20 tahun dan 10-14 tahun meningkat signifikan. Data-data tersebut membuktikan bahwa media saat ini berperan sebagai sarana penunjang bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan hiburan.

Beberapa jejaring sosial yang banyak dipakai oleh masyarakat dunia khususnya Indonesia diantaranya adalah Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan masih banyak lagi. Kondisi tersebut melatarbelakangi kami untuk mengembangkan media layanan pada bidang bimbingan dan konseling yang dapat diintegrasikan dengan penggunaan teknologi media sosial.

Jurnal BK-Ku merupakan bisnis startup dengan bimbingan dan konseling sebagai isu dan materi utama yang dikembangkan pada setiap medianya.

Jurnal BK-Ku dibuat bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai bimbingan dan konseling pada masyarakat luas dengan menggunakan tiga macam platform mainstream yaitu YouTube, instagram, dan website sebagai sarana utama yang diharapkan dapat mempermudah akses layanan bimbingan dan.

Konten yang diunggah oleh Jurnal BK-Ku adalah konten dalam bentuk layanan berupa infografis, video materi, serta artikel yang dapat memberikan inisiasi pengembangan diri serta bimbingan pada individu untuk lebih mengenali dirinya sendiri dan tahap perkembangan yang sedang atau akan dilalui.

Jurnal BK-Ku dikembangkan oleh tiga mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2017 asal Kuningan, yaitu Anggi Dwi Nugrahestianti, Nuzulul Aziza, dan Prabu Esa Zakaria.

Selain memuat layanan berupa media, Jurnal BK-Ku juga menyediakan layanan bimbingan dan konseling interaktif atau curhat secara langsung dengan mahasiswa Bimbingan dan Konseling melalui instagram (DM) dan obrolan website, kerahasiaan terjamin sebagai salah satu pemenuhan standar kompetensi konselor yang berlaku.

Topik mengenai bimbingan dan konseling serta pengembangan diri yang disediakan dan disebar luaskan melalui media layanan bimbingan dan konseling dalam Jurnal BK-Ku diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai bimbingan dan konseling pada seluruh lapisan masyarakat, terlepas dari stigma bimbingan dan konseling yang hanya melekat di sekolah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ketiga media sosial yang digunakan pun memiliki fungsi yang cukup berbeda.
Instagram digunakan sebagai sarana pemasaran utama layanan yang telah dibuat karena saat ini Instagram memiliki jumlah pengguna aktif dengan pertumbuhan yang lebih pesat daripada Facebook.

Berdasar survey yang dilakukan oleh firma penelitian pemasaran, Global Web Index, pada kuartal ke empat 2013 tercatat Facebook hanya memiliki pertumbuhan pengguna aktif sebesar 3 persen, sedangkan Instagram mencapai 23 persen.

Selanjutnya YouTube, difokuskan untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling berupa materi yang dibuat dalam bentuk video.

Dengan menggunakan Youtube, siswa maupun masyarakat umum bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

Sementara website berisi mengenai tulisan lepas berbentuk materi pengembangan diri maupun pengalaman dan opini penulis dengan berbagai latar belakang.

Secara garis besar, layanan bimbingan dan konseling diluar konseling atau curhat online yang disediakan oleh Jurnal BK-Ku ada empat, yaitu JurnalQuotes, JurnalLayanan dan Sharing, JurnalKreativitas dan JurnalInspiratif.

Pertama, JurnalQuotes merupakan layanan dalam bentuk kata-kata motivasi dari berbagai sumber yang diharapkan dapat memberikan inspirasi serta semangat dalam menjalani hari, konten ini akan diunggah pada media sosial instagram secara berkala.

Kedua, JurnalLayanan dan Sharing yang merupakan layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai bidang dan bentuk (bisa berupa video materi, video sharing dengan praktisi bimbingan dan konseling, dan lain sebagainya) yang bersifat edukatif untuk memberikan pemahaman mengenai bimbingan dan konseling serta pengembangan diri yang kredibel dan akurat, konten ini akan diunggah pada seluruh media sosial utama Jurnal BK-Ku (instagram, YouTube, dan website).

Ketiga, JurnalKreativitas, yaitu layanan bimbingan dan konseling dalam bentuk naratif, video, atau foto yang akan menampilkan kreativitas konseli (siswa atau masyarakat umum) dan konselor (guru BK, konselor, atau praktisi bimbingan dan konseling lain) dalam bentuk sebuah karya yang akan diunggah pada seluruh media sosial utama Jurnal BK-Ku (instagram, YouTube, dan website). Terakhir, layanan keempat, yaitu JurnalInspiratif yang saat ini dikembangkan dalam bentuk naratif berdasarkan pengalaman pribadi seseorang yang diharapkan dapat memberikan motivasi dalam menjalani masa perkembangan atau menghadapi permasalahan, konten ini akan diunggah sementara hanya pada website Jurnal BK-Ku.

Jurnal BK-Ku berusaha untuk mengadaptasikan layanan bimbingan dan konseling dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih pada masa kini. Keunggulan praktis dan inovatif yang dikembangkan oleh Jurnal BK-Ku diharapkan dapat terasa oleh masyarakat umum bahwa bimbingan dan konseling tidak hanya ada di sekolah untuk mengurus keperluan sekolah, tetapi dibutuhkan juga pada setiap aspek kehidupan kita dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. ***
Nama Penyusun : Anggi Dwi Nugrahestianti, Nuzulul Aziza, Prabu Esa Zakaria
PT/Fakultas/Prodi : Universitas Pendidikan Indonesia/FIP/Bimbingan dan Konseling
Media Kreatif dan Inovatif Bimbingan dan Konseling Masa Kini: Jurnal BK-Ku

Referensi:
Juwita, E. P. Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa Sma Negeri 5 Bandung. Sosietas, 1.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Perumahan Graha Santoso Ciwaru

You May Also Like

Advertisement