Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Masa Depan Islam

Bismillah       

BAHWA SESUNGGUHNYA, Gambaran masa depan umat Islam telah dijanjikan dalam Q.S. al-Nur ayat 55:

وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَـيَسْتَخْلِفَـنَّهُمْ فِى الْاَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَـيُبَدِّلَــنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًا ۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـئًــا ۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰ لِكَ فَاُولٰٓئِكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridhai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.”

Ibnu Katsir ketika menafsirkan ayat ini mengutip hadits Imam Ahmad berikut:

“Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Abu Salamah, dari Ar-Rabi’ ibnu Anas, dari Abul Aliyah, dari Ubay ibnu Ka’b yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: ‘Umat ini akan mendapat berita gembira memperoleh ketenaran, kedudukan yang tinggi, agama, kemenangan, dan kekuasaan yang mapan di muka bumi. Maka barang siapa di antara mereka yang mengerjakan amal akhirat untuk dunia(nya), maka tiada bagian baginya kelak di akhirat.”

Advertisement. Scroll to continue reading.

Prediksi Beberapa Filosof Barat tentang Masa Depan Islam

Beberapa Pernyataan tokoh Filsafat Barat yang memprediksi masa depan Islam telah dikutip oleh Yakusai sebagai berikut:

1. Leo Tolstoy (1828-1910):

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Islam akan Menguasai Dunia suatu saat nanti, sebab Islam menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan hikmah.”

2. Herbert Wells (1846-1946):

“Hingga akhirnya Islam kembali lagi, betapa banyak generasi yang akan merasakan kesengsaraan kemudian suatu waktu nanti dunia seluruhnya akan tunduk pada Islam. Pada saat itu Kedamaian akan terwujud dan kembali menjadi tenang.”

Advertisement. Scroll to continue reading.

3. Albert Einstein (1879-1955):

“Saya memahami bahwa kaum muslimin melakukan itu semua dikarenakan kecerdasan dan kesadaran mereka, sesuatu yang tidak mungkin mampu dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Dalam Islam ada kekuatan dan hikmah yang akan Membawa Kepada Kedamaian.”

4. Houston Smith (1919):

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Ada yang lebih baik daripada keimanan yang kita anut sekarang ini, dialah Islam. Jika kita Mau Membuka Hati dan Akal kita, itu akan sangat baik bagi kita.”

5. Michael Nostrodamus (1566-1503):

“Islam akan menjadi agama yang Berkuasa Di Eropa, dan salah satu kota terkenal di Eropa akan menjadi Ibu Kota Negara Islami.”

Advertisement. Scroll to continue reading.

6. Bertrand Russell (1872-1970):

“Saya telah membaca tentang Islam dan saya akhirnya tahu bahwa Islamlah agama yang akan Menjadi Agama Seluruh Dunia dan semua manusia. Islam akan menyebar di seluruh sudut-sudut Eropa, dan akan datang waktunya Islam menjadi penggerak hakiki dunia ini.”

7. Gustaf Lebon (1841-1931):

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Islam Adalah Agama Satu Satunya Yang Berbicara Tentang Perdamaian dan Perbaikan serta Ajakan kepada orang-orang Nasrani untuk menghargai keimanan yang Membawa Kebaikan. Persoalan Ini menjadi menarik karena partai politik peserta pemilu 2019 adalah Partai yang mencintai perdamaian dalam konteks persatuan indonesia 

Seperti Pengakuan Tokoh Nasrani Ilmuwan – Cendekiawan Kaliber Dunia Tersebut Diatas.

Oleh sebab itu pada point ke 7 tsb diatas perlu ditarik garis lurus bahwa : Orang Muslim dan Non Muslim di Indonesia memiliki kewajiban yang sama untuk sepakat komitmen DAMAI DIHATI DAMAI DI BUMI, DAMAI ITU INDAH DI BUMI NKRI

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kemudian, “Jalin kemitraan yang Legal Formal Dengan Institusi Polri, Ajak Komponen Bangsa Indonesia semuanya!       

Fahamilah derap Langkah Operasional Institusi Polri dlm Konteks Tupoksi Kepolisian Negara Republik Indonesia  Mewujudkan Kamtibmas dari Sabang Sampai Merauke dalam Kepemimpinan Jenderal Tito Karnavian, Tanpa Reserve !                    

Ketika kemudian tidak difahami, tentu akan merugi

Advertisement. Scroll to continue reading.

SEKALI LAGI MERUGI!

Oleh sebab, NKRI dihantui AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan) dalam berbagai macam bentuknya, baik dari dalam negeri sendiri dan lebih berbahaya dari negara diluar NKRI!

In Shaa Allah, Stabilitas Nasional Terwujud Dalam Spektrum ”Wadah NKRI “. Untuk Itu , Pendapat Saya pribadi ini berkenan kiranya Institusi Intelijen Negara ( BIN ) dan Badan Intelijen Strategis ( BAIS ) – Satuan Intelijen Strategis ( SIS ) Mengambil langkah pro aktif profesional menjaga keutuhan dan kokoh kuatnya ” NKRI ”, dlm waktu dekat adalah ” Suksesi Pileg Dan Pilpres 2019 – Tanpa Ekses ! Termasuk ”Pantau dan Monitor Mahkamah Konstitusi” Jgn sampai persoalan Presidential Threshold – Dan Ambang batas Parlemen  Berlarut dan Putusannya ”In Konstitusional”.     

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jangan Berikan Jalan Kepada Intelijen Asing ZIONIS Amerika : CIA Zionis Israel : MOSAD, Baik bersipat Contra Intelijen ataupun Berbentuk ”Intelijen Contra”.

Kenapa?

Perhatikan pertarungan USD vs CINA dan Gigihnya Satuan Tugas Intelijen Cina : MSS : Ministry State Security Dan Khusus Utk Persiapan Kebangkitan Indochina , 2025.

Advertisement. Scroll to continue reading.

8. Bernard Shaw IAWAN (1856-1950):

“Suatu hari dunia keseluruhan akan menerima Islam sebagai satu-satunya agama. Seandainya mereka tidak menerima dengan namanya yang sebenarnya, pasti mereka akan meminjam subtansi ajaran Islam. Tapi pasti barat akan menerima Islam suatu hari. Dan ” Islam adalah satu-satunya agama yang akan memimpin dunia.”

9. Yohan Jits (1749-1832):

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Wajib bagi kita semua menerima Islam cepat atau lambat. Dialah agama yang sebenar-benarnya. Andai saya diajak masuk Islam saya tidak akan merasa sebagai sebuah keburukan, bahkan itu saya anggap sebagai sebuah kenyataan.”

(Diterjemahkan oleh Ahsanur Ahmad, dari status Dr. Ali Asshallaby, Ahli Sejarah dan Penulis Ensiklopedi Sejarah Islam).

Fakta dan Analisis

Advertisement. Scroll to continue reading.

Beberapa kutipan di atas menunjukkan adanya koherensi yang kuat dan konsisten, baik antar dalil naqli dan antar dalil aqli, maupun antara dalil naqli (ayat dan hadits) dengan dalil aqli dari beberapa pemikir terkemuka, tentang gambaran masa depan Islam.

Teori koherensi adalah satu dari tiga teori kebenaran dalam filsafat ilmu, selain teori korespondensi dan teori pragmatisme. Menurut teori koherensi, sesuatu harus dianggap benar bila antar pernyataan sejenis bersifat koheren (sesuai, cocok, saling melengkapi dan saling memperkuat).

Perhatikan pemikiran kontemplatif yang dikutip di muka, khususnya mereka yang hidup pada pergantian abad XX, ketika tanda-tanda keruntuhan peradaban barat mulai muncul: Tolstoy (1828-1910), Lebon (1841-1931), Wells (1846-1946), Shaw (1856-1950), dan Russell (1872-1970); hasil pemikiran mereka semuanya sangat koheren satu sama lain; mereka sedang mencari kandidat baru pemimpin peradaban dunia.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Apa yang difikirkan para filosof itu adalah apa yang mereka tangkap sebagai hukum alam, Sunnatullah yang mengatur setiap makhluk, baik yang nyata maupun yang ghaib, yang besar maupun yang kecil; semua sudah tertulis dalam Lauhul Mahfudz, Kitab Blue-print yang mencatat skenario dan semua yang terjadi di alam semesta (al-An’am: 59). Hasil upaya manusia dalam memahami Sunnatullah inilah yang kemudian menjadi pengetahuan, objek dan isi pemikiran manusia sepanjang sejarah.

Bumi ini hanya sebuah titik kecil di tengah sejumlah trilyunan, bilyunan bintang-bintang, yang sampai saat ini belum ada seorang pun yang tahu jumlah persisnya. Padahal bintang-bintang itu barulah di langit pertama, dan langit pertama hanyalah bagian kecil saja dari tujuh lapis langit, dan keseluruhan langit hanyalah bagian kecil dari keseluruhan alam semesta (al-Baqarah: 255). Sedangkan kita manusia, hanyalah bagian titik kecil saja dari keseluruhan isi bumi.

Bila alam semesta ini sudah ada sejak lebih dari 18 milyar tahun yang lalu, selama itu pula semuanya tentu telah berjalan sesuai pada taqdir

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sejarahnya, sesuai dengan Kehendak Sang Pembuat Skenario Alam. Sedangkan tentang kehidupan di bulan saja, planet (terdekat dari) bumi, belum ada cara untuk memahaminya, apalagi sejarahnya. Bagaimana pula dengan seluruh bintang dan alam semesta? Padahal Allah sendiri menegaskan bahwa semua itu dibuat tidak ada yang sia-sia (Ali Imran: 191-192).

Alam semesta terbentuk lewat sebuah Ledakan Besar, Big Bang. Bukti ilmiah adanya ledakan besar telah dipaparkan oleh Nasa. Pada 1989, George Smoot bersama Tim Nasa meluncurkan satelit untuk meneliti asal mula alam semesta.

Dari berbagai fakta ilmiah, akhirnya teori Big Bang mendapatkan persetujuan dunia ilmiah. Dalam sebuah artikel yang dimuat pada Oktober 2014, Scientific American menuliskan bahwa teori Big Bang adalah satu-satunya teori yang dapat menjelaskan asal mula alam semesta.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jauh sebelum teori Big Bang dikemukakan ilmuwan : Al-Qur’an telah menjelaskan terkait terbentuknya alam semesta.

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (al-Anbiya: 30).

Dari ayat tersebut terlihat jelas kesesuaian antara ayat Al-Qur’an dan teori Big Bang. Persamaan keduanya tidak bisa dihindari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Grup Facebook The Origin of Meaning mencoba menghitung umur alam semesta sejak terjadinya Ledakan Besar, Big Bang.

Angka-angka yang diperoleh dianalisis dari petunjuk yang diberikan Al-Qur’an Surat Fushshilat ayat 9-14, bahwa bumi diciptakan dalam 2 hari dari 6 hari jumlah keseluruhan waktu penciptaan, dikali perbandingan satu hari dunia dibandingkan satu hari di Sisi Allah.

Bumi tercipta bersamaan dengan matahari dan planet tetangga yang lain yang disebut solar system dalam 4,567 milyar tahun yang lalu. Dibandingkan dengan usia universe 13,701 milyar tahun, maka 4,567/13,701 = 1/3 = 2/6.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dua masa penciptaan bumi = 4,567 milyar tahun, ini umur bumi; Dua masa sisa penciptaan langit = 4,567 milyar tahun. Jadi, 13,701 + 4,567 sisa usia = 18,262 milyar tahun. Maka 50.000 x 1000 (ini perbandingan satu hari dunia dengan satu hari di Sisi Allah) x 365,2422 (days in human year) = 18.262.110.000 atau 18,262 milyar tahun. (Sumber: kanzunqalam.com).

Berapa umur manusia sejak Nabi Adam AS. sampai hari ini?

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam European Journal of Human Genetics, sebagaimana dikutip Liputan6.com dari Situs Nature World News oleh Elin Yunita Kristanti pada 30 Januari 2014, menyimpulkan bahwa Nabi Adam AS hidup 209 ribu tahun yang lalu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pendapat para ulama konvensional berdasarkan usia para Nabi, sejak Nabi Adam AS sampai hari ini, menyimpulkan bahwa usia umat manusia modern belum genap 6000 tahun.

Ada juga pendapat lain berdasarkan jumlah 124.000 Nabi : menurut Ibnu Murduwaiyah dengan asumsi satu tahun diturunkan seorang Nabi, maka umur umat manusia sampai saat ini adalah 124.000 tahun.

Dan berapa usia kita? Empat puluh, lima puluh, enam bulan puluh, tujuh puluh? Bandingkan dengan 6000 atau 209 ribu tahun usia manusia, lalu bandingkan dengan 4,567 milyar tahun usia bumi, kemudian bandingkanlah dengan 18,262 milyar tahun usia alam semesta.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Uraian singkat di atas kiranya cukup untuk menjelaskan betapa sangat luasnya cakupan Pengaturan dan tentu saja Pengetahuan Sang Maha Pengatur (Rabb), dan betapa sangat sedikitnya pengetahuan kita tentang nilai luhur ajaran Islam                

Selain sangat komprehensif, ternyata PengetahuanNya juga sangat detil; kapan setiap helai daun harus gugur dan dengan cara bagaimana, semuanya sudah diatur (al-An’am: 59). Bahkan bagaimana kelanjutan perjalanan taqdir sejarah setiap helai daun, fungsi dan kontribusinya terhadap keseimbangan ekosistem dan mata rantai kehidupan di bumi, sudah ada ukuran taqdirnya sendiri-sendiri (al-Thalaq: 3).

Bagaimana mungkin kehidupan manusia yang adalah khalifahNya di muka bumi (al-Baqarah: 30-34), serta perjalanan sejarah peradabannya akan dibiarkan berjalan dengan sendirinya tanpa campur TanganNya?

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (al-Hadid: 22-23).

Inilah bedanya world-view Islam dengan pandangan dunia kaum sekuler; bila semua yang kita peroleh dan kita alami sepenuhnya disandarkan pada ikhtiyar kita manusia, lalu dimanakah Allah? “Dan sekiranya di langit dan di bumi ada tuhan selain Allah, niscaya keduanya telah hancur binasa.” (al-Anbiya: 22).

Manusia, peradaban, bumi dan seluruh alam semesta ternyata tidak mungkin mampu mengatur dirinya sendiri tanpa keterlibatan Sang Maha Kreator Sejarah.               

Advertisement. Scroll to continue reading.

Maka tidak ada seorang pun atau kekuatan mana pun yang bisa mengelak apalagi membelokkan arah taqdir sejarah. Manusia boleh membuat rencana, manusia boleh merencanakan makar, tapi Allah sebaik-baik Pembuat Rencana (Ali Imran: 54).

FirmanNya dalam Surat al-Hadid ayat 22-23 di atas, bahwa janganlah terlalu berbangga diri dengan apa yang kalian ikhtiarkan, dan jangan terlalu risau dengan apa yang luput atau menimpa kalian, adalah sebuah filosofi tentang harmoni dan koherensi antara ikhtiar manusia dengan Taqdir Sejarah

Hadanallahu Waiyyakum Ajma’in

Advertisement. Scroll to continue reading.

Awang Dadang Hermawan.

*)Pemerhati intelijen , sosial politik dan SARA.

———–

Advertisement. Scroll to continue reading.

  9 Juni  2018

———-

Itu 👆tulisan sdh lama…”

Advertisement. Scroll to continue reading.

Andai saja dibaca umat islam dengan seksama, diteliti, di fahami  sejak 9 Juni 2018 …..

MUNGKIN saja hal hal yg membuat RUMITNYA umat islam seperti sekarang ini TDK TERJADI !

Dan……semua itu yaqinlah

Advertisement. Scroll to continue reading.

Memang sdh tertulis di Lauhul Mahfudz…”.

##########

 Saya share kembali 18 Juni

Advertisement. Scroll to continue reading.

tahun 2022.

Semoga ada manfa’atnya utk umat/masyarakat luas.

##########

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

Bismillah “Potret wajah demokrasi dalam konteks PilPres 2024” BAHWA dalam Konteks Putusan DKPP No.135-136-137 dan No. 141–PKE-DKPP/XII/ 2023, Tanggal 5 Pebruari 2024, Kemungkinan: MK,...

Netizen Mass

Bismillah TRANSISI MENUJU BERAKHIRNYA FASE MULKAN JABBARIYYAN KUNINGAN (MASS) – Bahwa sesungguhnya masa transisi dunia bisa juga dilihat berdasarkan hadits lain tentang lima fase...

Netizen Mass

Bismillah Bagian dari dinamika politik menuju PilPres Tahun 2024 Bahwa dua paslon Bacapres/Bacawapres sudah Syah mendaftarkan ke KPU: Advertisement. Scroll to continue reading. 2....

Netizen Mass

Bismillah KUNINGAN (MASS) – Perang Ukraina vs Rusia – Israel vs Palestina adalah pintu gerbang bagi Malhamah Kubra = Malahim, rangkaian peperangan = PD...

Netizen Mass

Bismillah.… Potret Wajah “10 s/d 16 Oktober 2023 dan REMPANG” APABILA ada yang menggunakan hukum terbalik; Advertisement. Scroll to continue reading. BAHWA untuk bisa...

Netizen Mass

Bismillah “Sedikit menyoal gelombang teknologi “5G” KUNINGAN (MASS) – Bahwa sesungguhnya belum ada formula anti 5G karena via Gelombang 5G ini ternyata dapat dikembangkan...

Netizen Mass

Bismillah Capres/Cawapres pada PilPres th 2024 “Kemungkinan” berjalan diatas demokrasi kronis “STADIUM 4” Ketika ramai Capres digiring berkeliling menyebut nama, sementara Cawapresnya belum jelas,...

Netizen Mass

Bismillah “Perang Dunia III itu akan terjadi” BAHWA Perang Ukraina mengawali masa transisi menuju perubahan tatanan dunia baru. Advertisement. Scroll to continue reading. Rusia...

Netizen Mass

Bismillah BAHWA contoh yang nyata jelang pesta politik PilPres Th.2024, rakyat banyak hanya menunggu titah para oligarki via parpol parpol untuk memilih Capres/Cawapres yang...

Nasional

KUNINGAN (MASS) – Bismillah, ijin berpendapat bahwa lazimnya dan prosudur hukumnya/legal standingnya setiap Parpol yang ada keterwakilan di Parlemen sifatnya mengusung Capres/Cawapres dan ditandatangani...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bahwa sudah terpublikasikan semaraknya Partai Nasdem mengawali munculkan Anies Rasyid Baswedan untuk RI 1 dan menyusul ramai pula Demokrat dan PKS...

Netizen Mass

Bismillah WORLD-VIEW ISLAM DAN PERANG PEMIKIRAN JENIS BARU/NEO GHAZWUL FIKRI Bahwa sesungguhmya Hakikat kehidupan dunia merupakan pilar-pilar yang membentuk pandangan dunia (world-view) Islam. Advertisement....

Netizen Mass

Bismillah. Surat terbukaNomor : Istimewa Tidak ada lampiran Advertisement. Scroll to continue reading. Sipat : Tidak biasaMaksud : Sampaikan butir pemikiran Tujuan : MengingatkanNKRI...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bahwa Coup de Grace menurut etimologi adalah merupakan serangan langsung terhadap negara (Pukulan terhadap negara) atau peristiwa yang mengguncangkan sistem. Maksudnya?...

Netizen Mass

1.BAHWA Sesungguhnya Pembenci terhadap Zionis Amerika “PASTI BERMAIN MENJADI” Pecinta  Zionis RRT/China KARENA kemungkinan ZIONIS AMERIKA Memainkan MAHLUQ di Bumi PAPUA! 2.BAHWA Sesungguhnya Pembenci...

Netizen Mass

Bismillah. Nomor : Istimewa.Perihal : INTRUKSI.Sipat : Penting. 1.Bahwa Saya Ketua DPD Partai Masyumi Kab. Kuningan TIDAK MEMBERIKAN IJIN dan atau MELARANG KERAS kepada...

Netizen Mass

Bismillah MENYOAL Isue MAJELIS U’LAMA INDONESIA Harus dibubarkan? Bagusnya HIMPUNAN BESAR KAUM NAHDIYYIN YANG PROTES MAKSIMAL! Advertisement. Scroll to continue reading. ANDA MESTI MEMAHAMI...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bahwa Dua kisah berikut, masih tentang hubungan antara guru dengan murid, tapi dalam paradigma yang berbeda dengan jenis hubungan guru-murid seperti...

Netizen Mass

Bahwa Ketika Zaman yang Semakin Memburuk terjadi,Imam Bukhari RA meriwayatkan:عن الزبير بن عدي قال أتينا أنس بن مالك فشكونا إليه ما نلقى من الحجاج...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bahwa sesungguhnya situasi dan kondisi Indonesia (pendapat saya), saat  ini sudah 45 % rawan dan yang terus menerus tangguh bekerja untuk...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bahwa sesungguhnya ada dua faksi yang paling berpengaruh di Palestina. Pertama faksi Al Fatah (Gerakan Nasionalis sekuleris Pembebasan Palestina) dan kedua HAMAS (Gerakan...

Netizen Mass

Bismillah KUNINGAN (MASS) – Banyak pihak berkompeten dari bermacam disiplin ilmu yang saya kenal bahwa; “Menyoal” organ ummat Islam Nahdhotul U’lama/NU dalam konteks buah...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Fun Turnamen Catur antara ketua parpol Kuningan akan kembali tersaji hari ini, Selasa (6/4/2021) sore sekitar pukul 15.30 WIB. Pada fun...

Netizen Mass

Bismillah                Bahwa sesungguhnya Usia Lansia wajib tetap semangat seperti contoh lahiriyah di dunia fana berikut ini: Mahatir Muhamad, dalam usia 92 tahun MAMPU mendesain...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pada tahun 1981, sebuah buku yg ditulis  Dean Koontz berjudul The Eyes Of Darkness….. sudah ingatkan  akan ada  tentang virus “Wuhan...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Ariep Pranoto dalam tulisannya yang saya terima dikirim dari sahabat dan mantan dosen saya DR. Maman Supriatman, MA – Guru besar...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Karena Hari Kiamat tidak ada yang mengetahuinya selain Allah, maka demikian pula tentang tanda-tanda besar Kiamat pun dirahasiakan urutannya. Namun mayoritas...

Netizen Mass

BISMILLAH BANTUAN PESAN MORAL ADALAH PENTING DLM MENGHADAPI COVID 19 1. DEKATKAN DIRI KPD ALLAH ARRAHMAANI ARRAHIIMI DLM SEGALA UPAYA KEKHUSUAN DISAAT SHOLAT WAJB,...

Advertisement
Exit mobile version