Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Mampu Tangani Penyebaran Covid-19, Dua Desa Jadi Kampung Tangguh Lodaya

KUNINGAN (MASS) – Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya pernah menjadi buah bibir di Kabupaten Kuningan. Pasalnya, di desa itu ada 11 warga dinyatakan reaktif dan delapan diantaranya adalah posif corona.

Berkat dispilin, doa dan dukungan dari semua pihak maka ke 11 orang itu dinyatakan sehat. Tentu apa yang mereka lakukan mendapatkan apresiasi dari semua pihak termasuk Polres Kuningan.

Desa Cikaso bersama Desa Linggasana, Selasa (23/6/2020)  ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Lodaya 2020 oleh Polres Kuningan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Penyematan predikat tersebut dilakukan Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafril Dandel Malik SIK. Tampak hadir Bupati Kuningan H Acep Purnama,  Dandim 0615/Kuningan Czi Karter Joyi Lumi serta tamu undangan lainnya.

“Kampung Tangguh Lodaya ini merupakan suatu rintisan program dari Kepolisian Republik Indonesia dalam pencanangan wilayah perdesaan yang siap dan tangguh terutama di masa pandemi dalam menanggulangi penyebaran Covid-19,” ujarnya kapolres.

Dikatakan,  program kampung tangguh lodaya ini pun, pihak kepolisian menggandeng TNI dan Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Kesehatan.

Kampung ini lanjut dia, memiliki 4 aspek faktor ketangguhan dalam pencegahan serta penanggulangan Covid-19, diantaranya adalah ketangguhan informasi, ketangguhan keamanan, ketangguhan kesehatan dan ketangguhan sosial ekonomi (pangan).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Usai kegiatan penyematan  KTL dilanjutkan dengan pinanjuan lokasi  Industri bawang goreng, perikanan
pertanian  dan kampung wisata.

Tidak jauh berbeda dengan di Cikaso, kegiatan di Linggasana Kecamatan Cilimus pun seperti itu. Baik Kades Cikaso Hidayat dan Kades  Linggasana Henny Rosiana merasa bangga dengan predikat Kampung Tangguh Lodaya.

Sementara itu, Bupati Acep  meminta kepada warga harus optimis karena sudah tidak ada diskriminasi diantara sesama warga. Begitu juga kepada tetangga desa yang lain.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Village

KUNINGAN (MASS) – Irfa Fakhrurozi resmi dilantik sebagai ketua Karang Taruna Giat Mandiri Desa Peusing Kecamatan Jalaksana, Minggu (27/3/2022) ini. Mengusung tema “Dari Rakyat...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada seminggu ini kejadian yang meninggal di wilayah Kabupaten Kuningan total ada tiga kejadian. Selain di lapangan Pacuan Kuda di Jalan...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Selama ini banyak karyawan honorer yang bekerja iklas dan menjaga nama baiknya. Tapi tidak dengan honorer berinisial AS (27). Warga Kecamatan Garawangi...

Government

KUNINGAN (MASS)- Untuk kesekian kalianya Polres Kuningan kembali membagikan sembako kepada warga. Kali ini yang menjadi sasaran dua kecamatan yakni Cipicung dan Kecamatan Ciawigebang....

Advertisement