Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Mahasiswa Uniku KKN di Tiga Kabupaten

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 1.153 mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) secara resmi dibuka oleh Bupati Kuningan untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2021.

Acara mahasiswa KKN Uniku Tahun 2021 ini digelar secara berani, Senin (12/07/2021) pagi.

Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi, kegiatan KKN tahun 2021 ini adalah KKN kedua yang dilakukan oleh Universitas Kuningan dalam kondisi pandemi covid-19. 

Karenanya, KKN ini dilaksanakan secara berani. Namun, ini berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Tapi justru kita lebih kreatif dan inovatif sehingga masih bisa memberikan kontribusi pada masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, Dikdik menjelaskan melalui KKN, mahasiswa dan dididik untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Dikatakan, KKN merupakan salah satu sarana untuk pengembangan kompetensi mahasiswa, khususnya kompetensi sosial dan kepribadian. 

Melalui KKN, lanjutnya mahasiswa akan mengetahui dan dididik tentang bagaimana menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Hal Ini akan menjadi bekal bagi mahasiswa sebelum lulus dari Universitas Kuningan dan masuk ke dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala LPPM Uniku, Dr Toto Supartono MSi menyampaikan 1.153 mahasiswa akan disebar ke 61 desa di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon.

Diterangkan, KKN ini akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Juli 2021 sampai dengan 7 Agustus 2021 dan diikuti oleh 1.153 mahasiswa yang tersebar di 55 desa di Kabupaten Kuningan, 4 desa di Kabupaten Majalengka, dan 2 desa di Kabupaten Cirebon. 

KKN ini sendiri dilaksanakan secara berani dengan tujuan untuk mencegah atau menghindari penyebaran covid-19 dan pertimbangan diberlakukannya PPKM sampai tanggal 20 Juli 2021.

Lebih jauh, dirinya mengungkapkan program kerja atau produk merupakan luaran yang diharapkan dari kegiatan KKN ini.

Dikatakan, luaran yang diharapkan dari KKN ini adalah program kerja atau produk yang didasarkan pada potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dimana KKN ini dilaksanakan. 

Sehingga, program tersebut diharapkan dapat menjadi masukan atau pertimbangan pemerintah daerah desa bahkan pemerintah kabupaten dalam rangka pembangunan desa dan pembangunan daerah.

Sementara itu, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH, berpesan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan KKN ini sebaik-baiknya.

“Saya menyambut baik kegiatan KKN ini, namun saya berpesan kepada para mahasiswa untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pihak desa, camat atau tokoh masyarakat setempat,” ujarnya.

Kemudian, menyampaikan bahwa kegiatan KKN ini bertujuan untuk melihat secara langsung potensi yang dimiliki oleh desa tersebut. 

“Untuk itu, kepada mahasiswa, pergunakanlah waktu yang dimiliki selama kegiatan KKN ini sebaik mungkin,” ujarnya.

Bupatu mendukung harapan kegiatan KKN ini dapat sukses pembangunan desa dan juga pembangunan daerah Kabupaten Kuningan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Uniku yang selalu konsisten menggalakkan program pengabdian kepada masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus mendukung kesuksesan pembangunan desa dan juga pembangunan daerah Kabupaten Kuningan,” harapnya. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bulan November kita kenal sebagai bulan Pahlawan atau Kepahlawanan. Karena, ada yang tidak boleh hilang dari memori kolektif bangsa ini, sebuah...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dibukanya 1.041 formasi P3K (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Kuningan, ternyata masih dikeluhkan honorer. Pasalnya, beberapa formasi yang dibuka ternyata...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, digelar upacara di banyak tempat. Termasuk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, Sabtu...

Advertisement