Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Lebah Madu

KUNINGAN (MASS) – Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya hampir 90% lebah hidup soliter atau sendiri. Semua lebah masuk dalam suku atau famili Apoidae (ordo hymenopteraI: serangga besayap selaput). Ada 20.000 spesies lebah diseluruh dunia yang tebagi dalam 7-9 famili. Mereka bisa ditemukan disetiap benua yang berisi tanaman berbunga yang perlu diserbuki serangga.

Sebagai serangga, ia memiliki 3 pasang kaki dan 2 pasang sayap. Sarang lebah biasa dibangun di atas bukit, pohon kayu, bahkan di atap rumah. Sarang lebah dibangun dari lilin yang dihasilkan lebah itu sendiri. Seekor lebah akan mengonsumsi 8 ons lilin untuk menghasilkan hanya 1 ons lilin, dan lebah tidak akan menyia-nyiakan madunya. Oleh karena itu terbentuklah sarang lebah yang terdiri dari kumpulan sel berbentuk hexagonal atau segi enam, karena bentuk tersebut memberi ruang lebih luas untuk menampung lebah dan juga untuk menampung madu sebagai cadangan makanan.

Kelas lebah

Ada tiga kelas utama dalam koloni lebah, yaitu worker(pekerja), drone(penjelajah), dan Qwin(ratu), ketiganya memiliki tugas masing-masing dalam koloni. Kita mulai dari Ratu. Ratu koloni lebah dipilih secara acak. Sejak lahir ratu lebah sacara eksklusif diberi makan royal jelly yang mempercepat perkembangannya. Setelah dewasa dia kemudian keliling sarang, membunuh pesaingnya, yaitu calon lebah ratu lain dan mengambil posisi diatas tahta.

Tugas utama ratu lebah yaitu bereproduksi. Pada masa puncaknya, ratu lebah bisa bertelur hingga 1.500 telur perhari. Secara umum, ratu lebah bisa bertelur hingga 250.000 telur pertahun dan 1.000.000 telur sepanjang masa hidupnya. Selama musim kawin dia akan keluar sarang untuk kawin dengan jantan lain diluar sarang dan menyimpan sperma yang ia dapatkan untuk bertelur disarangnya.

Setiap telur yang tidak dibuahi akan menjadi lebah drone atau lebah jantan yang berati hanya memiliki satu set kromosom. Dan setiap telur yang dibuahi akan menjadi lebah betina yang ditakdirkan akan menjadi lebah ratu atau lebah pekerja. Tapi, kenapa dalam koloni lebah, kebanyakan merupakan lebah pekerja dan hanya segelintir yng menjadi ratu. Itu semua ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi larva lebah betina.

Setiap larva betina, pada awalnya diberi asupan nutrisi yang disebut royal jelly. Makanan bayi lebah pekerja akan dialihkan ke campuran serbuk sari dan nectar yang disebut roti lebah, yang menghambat pertumbuhannya. Hanya ratu lebah yang diberi royal jelly sampai ia dewasa. Tugas sekunder ratu lebah yaitu menghasilkan feromon, yang berfungsi sebagai pemersatu koloni.

Feromon ratu lebah akan mempengaruhi perilaku sosial, pemeliharaan sarang, perilaku kawin dan menghambat perkembangan ovarium pada lebah pekerja. Feromon alam disisi lain akan memerintahkan koloni untuk standby daan menyerang jika ada seekor lebah yang terbunuh. Asap dari kayu tertentu akan menutupi aroma feromon ini, itulah sebabnya mengapa para petani lebah menggunakan asap untuk menenangkan koloni lebah.

      Lebah pekerja

Mayoritas lebah yang menempati koloni adalah lebah pekerja. Mereka adalah betina yang belum berkembang secara seksual, dan biasanya tidak akan bertelur. Tugas utama mereka adalah membersihkan sarang, merawat ratu, memberi makan larva, mendistribusikan nektar yang masuk, memproduksi lilin untuk pembuata sarang, dan menjaga pintu masuk sarang. Ratu lebah memang memegang tahta, tapi lebah pekerka merupakan tulang punggung dalam koloni lebah, bahkan Ketika ratu lebah mati dan kursi kepemimpinan kosong, beberapa lebah pekerja akan mengembangkan organ seksual dan meletakkan telur drone yang belum dibuahi sampai ratu baru naik tahta.

        Lebah Drone

Lebah drone adalah lebah jantan dalam koloni, mereka tidak memiliki penyengat dan penampila mereka tidak seperti lebah pada lainnya, dengan mata besar mereka yang menutupi hampir seluruh kepala mereka. Mereka memiliki mata besar untuk melihat ratu saat terbang. Satu-satunya tugas lebah drone adalah reproduksi, mereka menyebarkan gen didalam dan diluar koloni. Mereka meninggalkan koloni setiap hari untuk mencari calon ratu baru yang ingin kawin. Meskipun lebah drone paling ringan kerjanya, tidak perasaan iri dan dengki diantara lebah, karena semua sudah digariskan sebelum mereka dilahirkan.

Peran Penting

Menurut ilmuwan, lebah memiliki peran penting dalam kehidupan. Tanpa lebah kit tidak akan memiliki kopi, apel, persik, semangka, jeruk, alpukat, terong, manga, duren, cabe, dan mentimun. Tanpa lebah kita tidak akan memakan berbagai macam buah-buahan yang kita makan saat ini, karena lebah menyerbuki sepertiga tanaman berbunga di bumi. Oleh karena itu, Einstein mengkalkulasikan bahwa jika populasi lebah menghilang, manusia pun akan menghilang. Ilmuwan percaya manusia hanya bisa bertahan sampe 4 tahun tanpa lebah.

Yang membuat khawatir para pengamat lingkungan telah menyatakan bahwa dalam 15 tahun terakhir, populasi lebah turun dengaan sangat cepat. Penyebab utama matinya lebah madu diseluruh dunia adalah luasnya penggunaan neonicotinoid sebagai pestisida. Lebah yang bersentuhan langsung dengan pertisida akan menunjukkan gejala yang mirip dengan Alzheimer atau pikun atau pikun. Mereka secara spontan meninggalkan sarang hanya untuk tersesat dan tidak akan menemukan jalan pulang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain pestisida lebah madu juga mati karena berbagai macam parasite,virus, jamur, dan mites atau tungau. Pemanasan global dan perubahan iklim yang secara langsung mempengaruhi waktu mekar bunga. Saat suhu global meninggi, bunga akan lebih cepat mekar, dan saat lebah melakukan penyerbukan, nectar yang ada sangat terbatas dan persaingan sumber daya berharga ini menjadi sangat ketat. Ini adalaah masalah yang sangat serius, karena global warming adalah nyata, dan kita haruss bertanggung jawab atas tindakan kita sebelum ternyata.

Dari lebah kita lebah kita belajar bahwa sesuatu yang dikerjakan bersama-sama akan menjadi lebih mudah. Dari lebah kita belajar bahwa, terkadang sesuatu yang kita anggap kecil, tidak bernilai dan sering kita abaikan. Adaa pepatah mengatakan bahwa “kita tidak akan merindukan hujan sebelum kemarau datang, kalau lebah sampai menghilang bagamaiana nasib kita dimasa mendatang”.

Terimakasih bagi para pembaca yang sudah mampir di artikel ini, semoga kalian suka dengan pembahasan yang saya bawa.

Salam lestari

Daftar  Pustaka

https://askabiologist.asu.edu/bee-colony-life

https://www.wwf.org.uk/learn/fascinating-facts/bees

https://friendsoftheearth.uk/nature/14-facts-you-need-know-about-bees

https://www.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/facts/honeybee

http://www.bbc.com/earth/story/20150615-the-truth-about-bees

https://www.bbka.org.uk/about-bees

Penulis : Ahmad Rahmatullah

Univ/Prodi: Pendidikan fisika/STKIP Alhikmah Surabaya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Di era industri 4.0 sekarang ini laju perkembangan teknologi terutama teknologi informasi tumbuh dengan begitu pesat. Saat ini komputer dan gadget...

Advertisement