Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Kisah Polisi yang Sukses Ajak Warga Ternak Kambing dan Ayam

KUNINGAN (MASS)- Kisah inspiratif datang dari Kuningan, Jawa Barat, tepatnya pada kelompok tani ternak domba dan ayam petelur di Desa Karangsari, Kuningan             ‘

Dimulai dari tahun 2015 sampai sekarang , sekitar 6 tahun kelompok ternak ini melakukan budidaya kambing jenis domba garut, setidaknya terdapat puluhan ekor domba yang berhasil diternakkan dengan  cara penggemukan dan pengembangbiakan.

Menariknya, pencetus budidaya kambing tersebut ialah seorang anggota polisi berpangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka).

Dialah Bripka Ade Sarifudin, anggota Korps Bhayangkara yang sehari-harinya bertugas di Polsek  Kadugede Polres Kuningan.

Tak hanya domba yang digelutinya melainkan juga ternak ayam petelur yang sudah dimulainya dari  tahun 2017 sampai dengan sekarang, selama 4 tahun dilakukannya dengan cara bermitra dengan  masyarakat desa.

Dalam kiprahnya Bripka Ade selain mengembangkan sendiri juga memotivasi warganya untuk bisa  berternak sepertinya, dengan cara silaturahmi door to door.

Selain itu juga memberikan penyuluhan kepada  masyarakat desa Karangsari dalam rangka mengenalkan cara budidaya domba dan ayam petelur secara  baik. Sehingga mendapatkan penghasilan dan keuntungan yang signifikan dari berternak tersebut

Selama menjalankan kegiatan peternakan, Bripka ade secara bertahap merekrut sekitar 60 lebih warga  desa untuk diberdayakan baik di sector peternakan domba maupun ternak ayam petelur.

Menurutnya dari 60 warga ini dikelompokan menjadi 6 kelompok ternak domba dan 5 kelompok ternak ayam petelur  sehingga dalam pengurusanya dapat dilakukan secara maksimal.

Dari penjualan hasil peternakan ayam petelur tersebut, Bripka Ade juga memberikan beberapa peluang  penjualan kepada para Bandar besar maupun kecil dengan cara sistem bagi hasil atau jual putus.

Selain memanfaatkan Bandar dalam penjualan hasil ternak ayam petelur Bripka ade juga memanfaatkan  pangsa pasar didesanya sendiri dengan cara menjual di warung warung di desa, sehingga memudahkan  para peternak dalam penjualanya.

Adapun penjualan domba Bripka Ade juga mengajak para bandar -bandar besar untuk berkolaborasi  dengan masyarakat desa dalam membudidayakan domba seperti pemasokan bibit domba untuk dapat

di amanahkan pengurusannya kepada masyarakat desa.          Sehingga ketika sudah layak panen akan dijual dengan mekanisme bagi hasil, selain itu kebutuhan permintaan daging domba di pasar saat ini sangat  menjanjikan misalnya untuk keperluan hajatan, Maulid Nabi atau hari-hari besar lainnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Bripka ade tak hanya bermanfaat bagi dirinya secara pribadi, namun  juga bagi masyarakat di desanya.

Dengan merekrut warga masyarakat, itu artinya dia bisa menciptakan lapangan kerja baru, dan  membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Tidak salah Bupati H Acep Purnama memberlakukan PPKM, karena kenaikan kasus positif covid-19 terus melonjak termasuk untuk  Rabu (23/6/2021). Untuk update 23...

Government

KUNINGAN (MASS) – Masih dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhayangkara ke-75 terus dilakukan oleh Polres Kuningan. Kali ini kegiatan yang dilakukan berupa bakti sosial...

Government

KUNINGAN (MASS) -Menyambut Hari Bhayangkara ke-75, Polres Kuningan melakukan kegiatan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan beras dan mie instan kepada masyarakat yang terpapar Covid-19....

Anything

KUNINGAN (MASS) – Isu kekerasan seksual dalam beberapa tahun belakangan ini memang terus bergulir. RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) jadi bahasan yang santer dan...

Advertisement