Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Kesadaran Warga Bikin Akta Kematian Rendah

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan  H Acep Purnama dalam rapat koordinas pemutakhiran daftar pemilih yang digelar KPU  Kabupaten Kuningan menyerahkan piagam penghargaan dari Disdukcapil bagi kecamatan yang paling aktif melaporkan data kematian by name by adress secara rutin dan berkala untuk edisi Tahun 2021.

Kegiatan ini digelar di Aula Kecamatan Kadugede pada Selasa (21/9/2021). Selain Ketua KPU, juga hadir dari Bawaslu, dan Camat Kadugede.

Bupati menyebutkan, kecamatan yang mendapat penghargaan yaitu Peringkat 1 Kecamatan Sindangagung, Peringkat 2 Kecamatan Garawangi, Peringkat 3 Kecamatan Cidahu, Harapan 1 Kecamatan Cigugur dan Harapan 2 Kecamatan Kramatmulya.

Selain itu, ada juga piagam pengharagaan yang diberikan oleh Ketua KPU Kuningan kepada Disdukcapil sebagai mitra strategis dalam kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan.

Sementara Kadisdukcapil Yudi Nugraha MPd, dalam paparan materinya menekankan pentingnya merubah paradigma, pola pikir dan pendekatan dalam penyelesaian masalah pelayanan administrasi kependudukan.

Ia menerangkan sejauh ini pencatatan penduduk pindah-datang sudah berjalan cukup baik. Namun untuk pencatatan data kematian relatif belum optimal akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuat Akta Kematian.

Dikatakan, jika dilihat dari data yang ada jumlah kematian tahun 2021 mencapai 11.412. Namun penerbitan akta kematian hanya mencapai 862.

“Itu artinya, kesadaran untuk mengupayakan penerbitan akta kematian masih rendah,” jelasnya.

Namun di sisi lain kata dia, pelaporan pencatatan kematian sebetulnya menjadi kewajiban RT. Hal itu dilakukan secara berjenjang melalui RW, desa/kelurahan dan kecamatan sesuai ketentuan UU Nomor 24 Tahun 2013. (agus)   

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PAM

PD

Bank Kuningan

PKB

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)- Warga  Kecamatan Ciawigebang dibuat panik pada Jumat  (22/10/2021) pagi. Pasalnya, mereka mendapatkan pesan melalui whatsapp yang berisi adanya acaman bom di semua...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Festival yang digelar Disporapar dalam rangka peringatan Hari Pariwisata Dunia, dinilai salah lokasi. Hal itu disampaikan warga Kecamatan Subang, Nurkholik. Kholik...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Selagi masih menyandang mahasiswa, berwirausaha lebih banyak jalan. Hal itulah yang tersirat saat Tasya Komarasari, perempuan cantik asal Desa Pagundan Kecamatan...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Sahabat Ganjar DPC Kuningan terus genjar  memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI 2024 kepada masyarakat luas. Kali ini para supir angkot...

Advertisement