Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Kembangkan Ekonomi Kreatif melalui Kerajinan Bambu

KUNINGAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menghadiri Workshop pemberdayaan masyarakat desa wisata dengan  tema “Mewujudkan pembangunan kawasan pedesaan Berbasis Pertanian, Wisata, Budaya, dan Potensi Lokal untuk Mempercepat Pertumbuhan serta Pemerataan Ekonomi Rakyat”. Kegiatan   dihelat oleh Dinas Pemuda dan olahraga Kabupaten Kuningan di balai Desa Cipasung Kecamatan Darma Kamis pada (7/02/2019).

Selain Bupati, Workshop juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Drs Jaka Chaerul beserta stake holders Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Kuningan. Lalu,  Kepala desa Cipasung Nanang Nuryadi, SAg, serta Kepala Departemen Pariwisata STP Trisakti Jakarta.

Kegiatan workshop ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan teknis tentang pengembangan ekonomi kreatif dengan tema bambu. Lalu, meningkatkan kafasitas usaha masyarakat menuju desa wisata embrio atau rintisan, serta mewujudkan insan pariwisata yang memiliki kreatifitas dibidang produk dan jasa.

Workshop ini juga bertujuan mendorong produktifitas SDM masyarakat desa Cipasung, dalam mengembangkan potensi lokal, serta mampu meningkatkan kemasan produk-produk UMKM. Dalam upaya rintisan menuju desa wisata, kedepan Desa Cipasung diharapkan dapat berkembang dan terus meningkatkan kafasitas ekonomi masyarakat melalui ekonomi kreatif dengan tema bambu.

Pada kesempatan ini Bupati Kuningan menyampaikan bahwa hal ini berkaitan dengan visi Kuningan 2018-2023 yakni Kuningan MAJU (ma’mur, agamis, pinunjul) berbasis desa 2023.

“Saya berharap Kuningan dapat memaksimalkan jumlah desa wisata dan desa pinunjul hingga tahun 2023 dan seluruh desa di Kabupaten Kuningan dapat memaksimalkan potensi di daerah nya masing-masing, karena berawal dari kemajuan desa akan memajukan Indonesia’ ucapnya.

Sebelum dilaksanakan kegiatan workshop,  acara diisi oleh tarian penyambutan oleh kesenian lokal Cipasung. Terlihat antuasiasme masyarakat memenuhi halaman  Balai Desa menyaksikan hiburan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Desa Cipasung menyambut baik kegiatan tersebut dan menyatakan kesiapannya untuk mewujudkan Desa Cipasung Nanag sebagai Desa wisata.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami atas upaya merintis desa kami menjadi salah satu Desa wisata di Kabupaten Kuningan.mohon doa dari semuanya dan tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati atas semua dukungan demi terwujudnya Desa Cipasung menjadi Desa Wisata.” pungkas Nanang. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda SH MSi menghadiri Workshop pemberdayaan masyarakat desa wisata dengan tema ”Mewujudkan Pembangunan Kawasan Pedesaan Berbasis Pertanian,...

Advertisement