Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Kasihan, Rumah Pasangan Lansia Terbakar, Kini Tak Punya Tempat Tinggal

KUNINGAN (MASS)- Kasihan pasangan lansia yang bernama Rukmanta (80)/Asmita (80) tengah berduka. Pasalnya, rumah yang ia tinggali di Rt 05/02 Dusun Cihanjaro Desa Cihanjaro Kecamatan Karangkancana ludes terbakar.

Insiden kebakaran yang menghanguskan bangunan semi permanen itu terjadi pada Jumat (5/11/2021) pukul 15.15 WIB. Akibat kejadian itu korban kini tidak punya rumah berikut isinya.

Menurut Keterangan  Kades Cihanjaro Asep Bambang Ibu Asmita tengah memasak air panas untuk keperluan persediaan air.

Entah mungkin kelupaan,  kemudian ditinggal oleh pemilik rumah untuk  tidur siang. Kemudian suaminya  Rukmanta yang pada saat kejadian sedang mandi.

Kemudian, melihat panci yang digunakan memasak air sudah terbakar , karena panik langsung disiram pakai air dan meledak. 

Sehingga percikan air bercampur api merembet ke dinding yang terbuat dari anyaman bambu.  Kemudian pemilik rumah  lari keluar rumah  untuk meminta  bantuan tetangga untuk memadamkan api dan segera membangunkan istrinya yang sedang tertidur.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara warga setempat mecoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. KemudiaToto Bahtiar  pada pukul 15.33 WIB (13 menit setelah kejadian  awal kebakaran) melaporkan kejadian kebakaran  ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kab.Kuningan (0232) 871113. 

Setelah itu 5 anggota Damkar dari  regu 2 langsung berangkat menuju TKP. Tiba dilokasi pukul 16.00 WIB (30 menit).

Dengan dibantu warga dan aparat Pemerintahan desa, api berhasil dipadamkan pada pukul 16.40 WIB (40 menit).

Penyebab kebakaran di duga berasal dari panci yang terbakar saat memasak air panas. Jauhnya lokasi kebakaran, sulitnya memasuki lokasi kebakaran dan bahan bangunan yang terbuat dari bambu serta kayu, membuat harta/benda tidak dapat diselamatkan.

“Pemilik rumah tinggal hanya berdua, memerlukan bantuan perbaikan rumah, makanan, obat-obatan dan lainnya. Untuk sementara korban tinggal bersama anaknya yang tidak jauh dari TKP kebakaran,” jelasnya.

Terkait kerugian,  Rp96 juta untuk bangunan semi permanen 10×8 = 18 m² x @ Rp. 1.200.000/m² =Rp96 juta.

Kemduian, alat-alat rumah tangga = Rp.5 juta, uang tunai dan perhiasan Rp4 juta dan  total kerugian Rp105 juta. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PD

PKB

PAM

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Untuk kesekian kalinya ULP PLN Kuningan kembali melakukan pemeliharaan jaringan listrik dan gardu dibeberapa titik, sehingga pada Kamis (2/12/2021) akan dilakukan...

Culinary

KUNINGAN (MASS) – Tepat pada Rabu 1 Desember 2021 ini, sebuah rumah makan baru saja dibuka di Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang Kuningan. Namanya simpel...

Government

KUNINGAN (MASS)- Gubernur Jabar Selasa (30/11/2021) menetapkan besaran nilai UMK di Provinsi Jawa Barat. Hal itu melalui keputusan  Gubernur Jabar Nomor 561/kep.732-Kesra/2021 Tanggal 30...

Government

KUNINGAN (MASS)- Pasca kenaikan kasus positif covid-19 pada Kamis, kini untuk update tanggal 1 Desember kasus kembali naik dua orang. Tentu harus diwaspadai karena...

Advertisement