Connect with us

Hi, what are you looking for?

Economics

Kado Ultah Kuningan: Pentolan Dekopinda Dinobatkan Jadi Tokoh Gerakan Koperasi Tingkat Nasional

KUNINGAN (MASS) – Memasuki ulang tahunnya yang ke 525, Kuningan mendapatkan kado istimewa dari Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kuningan. Selain koperasi binaannya berhasil menjebol prestasi tingkat provinsi, salah satu pentolannya pun dinobatkan sebagai Tokoh Gerakan Koperasi tingkat nasional.

Peraih penghargaan bergengsi tersebut yaitu Dra Hj Tuti Rusilawati MM, Ketua Kopwan An-Nisa Kuningan sekaligus Plt Ketua Dekopinda Kuningan. Dalam SK Menkop dan UKM Nomor 119/2023, Tuti menerima Jasa Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2023 tingkat nasional dengan kategori Tokoh Gerakan Koperasi.

Dra Hj Tuti Rusilawati MM

Menkop dan UKM RI, Teten Masduki, yang langsung menyerahkan penghargaan itu kepada Tuti di Ballroom Hotel Grand Mercure Solo, Sabtu (12/8/2023). Bersamaan dengan itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH pun mendapatkan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya.

Bukan hanya itu, nama Kuningan tambah harum dimata daerah lainnya se Jawa Barat. Pasalnya, pada ajang Dekopin Award tingkat Jabar, Tuti Rusilawati mendapatkan penghargaan pula sebagai Tokoh Penggerak Koperasi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Masih pada momentum yang sama, Dekopin wilayah Jabar membubuhkan stempel ‘Koperasi Berprestasi’ kepada dua koperasi asal Kuningan. Dua koperasi tersebut diantaranya Koperasi Primkoppol Resort Kuningan dan Koperasi Karyawan BRI (Kowabri) Kuningan.

Banyaknya penghargaan dan prestasi yang dicapai Gerakan Koperasi Kuningan ini bertepatan dengan Hari Koperasi ke 76 yang puncaknya jatuh pada Agustus ini. Dr H Tatang Sujata SE MSi dan Drs Yayat Suryatna selaku ketua dan sekretaris Panitia Harkop ke 76 Kabupaten Kuningan merasa bangga atas capaian tersebut.

“Alhamdulillah, ternyata gerakan koperasi kita selama ini membuahkan hasil. Penghargaan tingkat nasional itu bukan penghargaan biasa, apalagi yang mendapatkannya dibawah 10 orang se Indonesia,” ujar Tatang diamini Yayat, Kamis (31/8/2023).

Selaku panitia, mereka mengungkapkan begitu banyak rangkaian kegiatan Dekopinda dalam memperingati Hari Koperasi tahun ini. Mulai dari pemasangan spanduk, umbul-umbul dan baliho di lingkungan Kantor Dekopinda dan Gerakan Koperasi sejak 1 Juli sampai 31 Agustus.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tema yang kami usung yaitu Membangun koperasi berbasis kearifan lokal menuju ekonomi gotong royong yang mandiri, modern dan berdigital. Kemudian Transformasi digital sebagai gerakan milenial menuju kemandirian koperasi. Lalu, Sinergi mandiri menuju Koperasi Jabar Juara,” sebutnya.

Beberapa waktu lalu, sambung Tatang, Dekopinda melancarkan aksi Peduli Gempa Cianjur. Dari gerakan koperasi Kuningan pihaknya bersyukur mampu mengumpulkan dana senilai Rp 21.350.000 untuk disalurkan lewat Dekopinda Cianjur 24 Januari lalu. Warga terdampak gempa di Desa Susukan Kecamatan Ciawigebang pun, Maman yang kebetulan tuna netra, diberikan bantuan 10 sak semen.  

Memasuki Ramadan, Dekopinda menggelar bakti sosial Peduli Ramadan 1444 H dengan membagikan 1.457 paket sembako kepada anak yatim dan kaum dhuafa dari gerakan koperasi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kegiatan lain, pada 7 Juni sampai 5 Juli 2023 kami melakukan kunjungan dan pembinaan kepada 7 koperasi. Kemudian kami juga mengikuti zoom meeting acara Ziarah Tokoh Koperasi dalam rangka Harkop ke 76 di Padang Sumatera Barat pada 12 Juli,” papar Tatang dan Yayat.

Memasuki 20 Juli, pihaknya mengadakan Diklat Perkoperasian bagi Koperasi Wanita di Aula Kantor Dekopinda Kuningan yang diikuti 30 peserta. Kegiatan ini merupakan program Badan Koordinasi Wanita Koperasi (BKWK) Dekopinda yang diketuai Hj Engking Sarki SSos.

Sebelum Dekopin Award Jabar, dilaksanakan pembinaan kepada Primkoppol Resort Kuningan, Koperasi Karyawan BRI dan Tokoh Koperasi Hj Tuti Rusilawati yang diajukan sebagai calon penerima penghargaan. Pihaknya bersyukur, pembinaan membuahkan hasil yang memuaskan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pada 23 Agustus kami pengurus Dekopinda Kuningan beserta gerakan koperasi sebanyak 70 orang mengikuti acara puncak Harkop Jabar di Area Senbik Bandung. Lalu mengikuti Pameran Expo Harkop Jabar selama dua hari diwakili oleh Koperasi KSU Fathnur Mandiri Sejahtera dari Desa Taraju dengan produk unggulan kerajinan pandai besi, seperti aneka jenis golok, pisau, arit, kored, cangkul dan produk tambahan yaitu tape ketan dan goreng bawang,”  bebernya.

Sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT, pada 25 Juli Dekopinda menggelar Syukuran Harkop ke 76 di Aula Dekopinda yang diikuti 70 gerakan koperasi. (deden)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Economics

KUNINGAN (MASS) – Ketua Dekopinda Kab. Kuningan, Drs. H. Firman, MM,  melalui Sekretarisnya, Drs. Yayat Suryatna, telah menyerahkan 6 unit Hand Sprayer untuk dua...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Ramadan betul-betul dimanfaatkan untuk menimba amal. Itulah yang dilakukan Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kabupaten Kuningan dengan melibatkan begitu banyak koperasi...

Health

KUNINGAN (MASS) – Lima tahun berkiprah ikut membantu mengurangi tingkat kebutaan di Kuningan, Klinik Spesialis Mata ‘Kuningan Eye Center’ diganjar penghargaan nasional. Jumat (17/1/2020)...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) sebagai wadah gerakan koperasi di Kabupaten Kuningan ternyata hidup secara mandiri. Hal itu diungkapkan Sekertaris Dekopinda,...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Koperasi sebagai benteng ekonomi masyarakat menengah kebawah ternyata tidak selalu bisa bertahan dengan zaman. Terbukti dari 145 koperasi dibawah naungan Dewan...

Advertisement
Exit mobile version