Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Jum’at Berkah, Berbagi itu Sungguh Indah

KUNINGAN (MASS) – Islam adalah agama rahmatan lil alamin yang mengatur kehidupan manusia baik akidah, ibadah maupun muamalah, semua itu untuk kemaslahatan dan kenikmatan hidup manusia itu sendiri baik di dunia maupun akhirat kelak. Sangat beruntung kita semuanya sampai saat ini masih diberikan Kesehatan dan kesempatan untuk terus memperbaiki, meningkatkan kompetensi dan memantaskan diri agar senantiasa berada dalam ridho Ilahi sebelum ujian itu datang menhampiri.

Hari jum’at memiliki keistimewaan tersendiri dimana di dalamnya terdapat amalan sunnah yang diajarkan baginda Nabi untuk kita sebagai ummatnya. Setidaknya ada 8 amalan yang harus kita amalkan dan dawamkan setiap hari jum’at terutama untuk kaum adam, yaitu :

  1. Membaca surat al-kahfi (sebagaimana disebutkan dalam hadist An-Nasa’I dan Baihaqi).
  2. Memperbanyak do’a  (terdapat dalam hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).
  3. Memperbanyak Sholawat (terdapat dalam hadist Muslim no.408).
  4. Mandi sebelum shalat jum’at (terdapat dalam hadist Bukhari dan Muslim).
  5. Menggunakan pakaian terbaik dan wewangian (Hadist Riwayat Bukhari no 408).
  6. Bersiwak, memotong kuku dan mencukur kumis (Hadist Riwayat Bukhari).
  7. Berangkat lebih awal menuju masjid (HR. Bukhari no 3211).
  8. Mendengarkan khutbah Jum’at (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu juga dianjurkan untuk banyak bersedekah dan berbagi karena sejatinya berbagi itu indah karena kita dapat saling tolong menolong dan akan menimbulkan rasa kasih sayang diantara kita.

                Jum’at berkah yang sedang ngtrend disetiap agenda kegiatan dihari jum’at dimanapun berada, bukan tanpa alasan karena sudah pasti hanya keberkahan yang diharapkan dan dicari dalam momentum hari tersebut. Berkah itu sendiri memiliki arti Ziyadatun fii Khoirin yang artinya bertambahnya kebaikan. Dalam hal ini bertambahnya kebaikan usia, harta, keluarga, usaha dan kebaikan-kebaikan lainnya sehingga hanya keberkahan inilah yang kita harapkan dalam bekerja dan berniaga. Apalah artinya harta melimpah ruah kalau tidak berkah, apalah artinya pangkat dan jabatan kalau tidak berkah dan apalah artinya hidup kalau tidak memiliki keberkahan. Benar kata band wali mengatakan hidup indah bila mencari berkah.

                Hal serupa yang kami rasakan di hari jum’at yang penuh berkah ini yaitu DKM masjid Al-Multazam yang saat ini memiliki mesin ATM beras melaksanakan kegiatan berbagi paket beras untuk 100 orang penerima manfaat sebagai agenda perdananya, dengan rincian 80 orang pegawai Al-Multazam dan 20 orang masyarakat sekitar Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Kami bersyukur atas karunia ini dan mereka pun merasakan hal yang sama karena sejatinya berbagi itu indah, oleh karena itu kami sampaikan jazakumullah khair katsiron kepada para muhsinin dan donator yang telah mendukung agenda DKM ini serta kami pun membuka seluas-luasnya kepada para pembaca untuk sama-sama kita menyisihkan sebagian hartanya agar  hidup kita bisa lebih manfaat dan harta yang Allah Swt titipkan senantiasa ada dalam keberkahan. Sedikit kami sisipkan informasi barangkali ada yang mau bergabung dengan PonPes Terpadu Al-Multazam silahkan ke www.prs.al-multazam.sch.id.

                Mari kita renungkan firman Allah Swt :”Andaikata penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi. Tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya” [Al-A’raf/7 : 96].

                Dari ayat tersebut dapat kita ambil pelajarannya bahwasannya Allah Swt tidak akan memberikan keberkahan kecuali dengan keimanan dan ketaqwaan kepadaNya. Hal ini pula yang senantiasa khotib sampaikan Ketika khutbah jum’at dan menjadi rukun dalam khutbah tersebut.  Oleh karena itu mari kita sama-sama tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepadaNya dengan terus belajar, berbagi dan mengamalkan ilmu yang telah di dapat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Devi Imron Rosadi

  • Ketua DKM Al-Multazam
  • Sekretaris PonPes Terpadu Al-Multazam
  • Ketua PRS
  • Mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Masih adanya stigma negatif dari segelintir orang terhadap pergerakan Ormas Pemuda Pancasila. Bahkan sempat menjadi pemberitaan nasional baru-baru ini, setidaknya sedikit...

Government

KUNINGAN (MASS)- Dalam upaya mendukung pelaksanaan E-Government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan inovasi digital Tanda Tangan Elektronik (TTE)....

Education

KUNINGAN (MASS) – Kata ‘Move on’ sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama generasi pemuda. Kata move on merupakan kata serapan dari bahasa...

Government

KUNINGAN (MASS)- Keluhan PKL terkait sepinya  pembeli pasca direlokasi ke Jalan Ewangga dan Otista didengar oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama. Orang nomor satu...

Advertisement