Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Jangan Lupa, Malam Kamis Nisfu Syaban, Ini yang Harus Dilakukan

KUNINGAN (MASS) – Berbeda dengan Nisfu Syaban tahun lalu yang aman, tahun 2020 dunia tengah diuji wabah virus corona. Meski begitu tentu dengan ada wabah umat Islam harus semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Nisfu Syaban menjadi momen untuk berdoa.

Selain banyak berpuasa dari  Selasa-Kamis  karena bertepatan dengan tgl 13, 14, 15 bulan Sya’ban. Keutamaan adalah sunnah puasa 3 hari, setiap pertengahan bulan dan Tanggal 8 hari Rabu atau malam Kamis adalah  malam ke 15 bulan Syaban.

Malam Nishfu Syaban, saat Malaikat mengangkat dan menyetorkan catatan Amal Ibadah manusia selama 1 tahun. Rasulullaah SAW  paling senang menutup catatan amal dangan keadaan berpuasa dan mendekat Allah SWT ( dzikir/doa juga shodaqoh).

Malam Nishfu Syaban, saatnya Allah SWT  berkenan merubah takdir dan menetapkan kembali takdir yang baru (QS.ar-Ra’ad: 39).  Tentu semoga Allah SWT merubah takdir orang-orang  disayangi menjadi lebih baik dan barokah segala cita-cita/ harapannya. .

KH Aripin Pengasuh Ponpes Asysyarobutthuhur Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang menerangkan,  pada Rabu atau malam Kamis seluruh umat muslim  harus melakukan, salat, ngaji dan berdoa. Untuk yang  pertama adalah salat 2 rakaat niat salat awwabin bada magrib. Bacaannya rakaat pertama dan kedua sama saja yaitu baca surat Al-Ikhlas 6 kali.

“Terus niat supaya panjang umur untuk ibadah, lalu membaca Yasin,membaca doa nisfu syaban. Setelah itu salat lagi dua rakaat seperti di atas kemudian niat baca Yasin untuk diberikan rejeki  untuk ibadah dan dijauhkan dari seluruh bencana,” jelasnya.

Setelah itu,  kembali membaca Yasin, doa Nisfu Syaban, selanjutnya salat lagi dua rakaat seperti diatas. Lalu,  niat baca Yasin untuk husnul khotimah. dan terakahir  baca Yasin, doa Nisfu Syaban sampai  datangnya salat Isya. Sesudah Isya sampai pertengahan malam berdoa baca Al-quran, salat tasbih dan lain-lain.

“Pokonya malam itu matikan TV, kita fokus salat, berdoa meminta kepada allah. Jangan lupa ngaji,” ujar pengasuh Kajian Tafsir Al-Quran di Masjid An-Nur Jalan Apidik Kelurahan Kuningan. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Malam nisfu syaban yang jatuh pada Kamis (17/3/2022) kemarin, tidak dilewatkan begitu saja oleh para jamaah masjid Dian Ar-Rokhmat Kelurahan Windusengkahan....

Government

KUNINGAN (MASS)- Tanggal 17 Agustus merupakan hari yang sakral karena pada tanggal itulah bagsa Indonesia mengploklamirkan kemerdekaannya. Kemerekan ini diraih degan perjungan. Untuk itulah...

Advertisement