Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Isi Ramadhan, Begini Cara Budak Literasi Ngabuburit

SUBANG (MASS) – Taman Bacaan Masyarakat Gita Pustaka Desa Subang Kecamatan Subang menggelar “Ngarit Bulet-Ngabuburit with Budak Literasi” seminggu dua kali selama Ramadhan.

Ngabuburitnya Budak Literasi ini, dilakukan dengan baca buku. Hampir setiap harinya, ada kurang lebih 20 anak pembaca aktif yang dibimbing disana.

Selain itu, kegiatan ngabuburit juga dilakukan dengan ngobrol santai, konsultasi pelajaran sekolah, dan kegiatan mendongeng. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada Selasa dan Minggu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ketua TBM Gita Pustaka Diki Septiawan S Pd menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk membiasakan anak-anak membaca buku. Apalagi, ini merupakan hal yang bermanfaat untuk mengisi bulan suci Ramadhan.

“Kami, TBM Gita Pustaka, salah satu komunitas binaan karang taruna desa merasa ikut bertanggung jawab untuk mensukseskan agar budaya membaca tetap terpelihara, terutama di kalangan anak muda,” ujarnya baru-baru ini.

Melalui kegiatan selama bulan puasa ini, Diki berharap anak-anak bisa lebih cinta dan dekat kepada Allah SWT dengan mengisi kegiatan dengan melakukan hal yang bermanfaat seperti membaca.

Sehingga, lanjutnya. mereka sadar bahwa mereka adalah insan istimewa yang Allah tahu dan pasti “mengistimewakan” mereka yang rajin membaca. Makanya, selaku manusia harus lakukan apa yang disenangi Allah, bukan meratapi keadaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diki menerangkan, ngabuburit baca ini juga bagian dari TBM Gita Pustaka mengkampanyekan akan pentingnya membaca buku di kalangan anak-anak sekolah. Apalagi di tengah gempuran era digital dan pergaulan anak yang tidak jelas.

“Maka untuk selamatkan masa depan anak-anak, sangat penting membangun tradisi baca dan budaya literasi. Karena zaman telah berubah. Kita harus mencari cara agar anak-anak mau membaca. Karena tidak ada masa depan tanpa membaca. Kita ingin anak-anak tetap bergelut dengan buku di bulan puasa,” ujar Diki.

Wakil ketua karang  dan Pendidik di SMA Negeri 1 Subang Kuningan itu juga mengatakan, TBM Gita Pustaka memiliki koleksi beberapa buku bacaan yang dikelola oleh para pengurus serta relawan. Meskipun buku bacaan yang dimiliki masih jauh dari kata cukup.

Diki, yang didampingi pengurus TBM Gita Pustaka Risma dan Nina Kami berharap, kedepan akan semakin banyak masyarakat serta lembaga pemerintahan yang peduli dengan mendonasikan buku atau secara materi untuk keberlangsungan tumbuh kembang TBM Gita Pustaka. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Dalam Musyawarah Daerah (Musda) Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kuningan beberapa waktu lalu, Imam M Agung Fauzi, terpilih kembali sebagai ketua....

Education

KUNINGAN (MASS) – Ilham Akbar, satu dari dua calon yang siap maju dalam perhelatan pemilihan calon ketua FTBM (Forum Taman Baca Masyarakat) Kuningan. Pemilihan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Dua nama calon bakal “berebut” menjadi Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kuningan dalam Musyawarah Daerah FTBM yang akan dalam waktu...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Advertisement