Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Ini Sejarah Berdirinya BNN Kabupaten Kuningan, Ada Nama Sekda Yosep dan Aktivis Juju Junaedi

KUNINGAN (MASS) – BNN Kabupaten Kuningan merupakan salah satu BNNK yang pertama kali berdiri diantara BNN lainnya bertempat di wilayah Kabupaten.

Keberadaan BNN di Kabupaten Kuningan tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten yang mendorong untuk terwujudnya masyarakat Kuningan yang bersih dari Narkoba.

Tidak serta-merta langsung ada, BNNK Kuningan sebelumnya berasal dari BNK (Badan Narkotika Kabupaten) yang berdiri pada tahun 2005.

BNK sendiri merupakan bentukan Pemkab dimana Sekda saat itu Almarhum Drs H Yosep Setiawan, M.Si. pendiri sekaligus penanggung Jawab BNK.

Almarhum Yosep bersama dengan aktivis anti Narkoba Juju Junaedi yang kemudian menjadi kepala BNK selama 6 tahun sebelum berubah menjadi BNNK.

BNNK Kuningan merupakan lembaga vertikal yang berada dibawah koordinasi BNN RI.

Berbeda dengan BNK yang selain bentukan Pemda dan pegawainya merupakan pegawai kontrak/honorer.

BNNK memiliki komposisi pegawai yang mayoritas berasal dari ASN dan POLRI yang memiliki tugas dan fungsi P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika).

Pertama kali berdiri di gedung kontrak daerah Lamepayung selama setahun, akhirnya pada tahun 2012 BNNK Kuningan memiliki gedung sendiri yang berdiri di Jalan Aruji Kartawinata No.27.

Gedung yang terdiri atas dua lantai ini, diresmikan langsung oleh Kepala BNN RI Saat itu yaitu Datuk Komjen Pol. Drs. Gregorius “Gories” Mere.

Peresmian ini dilaksanakan pada tanggal 19 April 2012 yang disaksikan oleh Bupati masa itu yaitu H Aang Hamid Suganda, SSos.

Kepala BNNK Kuningan pertama sekaligus terlama yaitu Guruh Irawan Zulkarnaen MSi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ia menjabat selama 5 tahun dalam satu periode kepemimpinannya yaitu mulai sejak berdirinya BNNK Kuningan tahun 2011 hingga tahun 2016. Sebelum akhirnya kembali mengabdi ke Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Tampuk kepemimpinan selanjutnya diteruskan oleh Edi Heryadi, MSi yang menjabat selama 4 tahun mulai dari awal tahun 2017 hingga akhir tahun 2020.

Kepemimpinannya berakhir seiring dengan habisnya masa mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Pada tahun 2021 ini, BNNK Kuningan telah dipimpin oleh dua orang yang berbeda yang berasal dari Polri.

Pada bulan januari berada dalam kepemimpinan AKBP Irfan Nurmansyah, S.I.K, M.M yang berakhir pada bulan April karena harus melanjutkan pendidikannya.

Sedangkan sejak bulan Mei hingga sekarang, Kepemimpinan BNNK Kuningan dipimpin oleh AKBP Yaya Satya Nagara, S.H yang sebelumnya merupakan Kepala BNN Kota Cirebon.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Uniku

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)-  Kasus positif covid-19 di Kabupaten Kuningan masih terus naik. Untuk update   Kamis (29/7/2021) kenaikan kasus positif mencapai 51 orang. Sedangkan pasien sembuhnya...

Village

KUNINGAN (MASS) -Sebagai salah satu upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), BNN Kabupaten Kuningan melaksanakan rapat kordinasi program ketahanan keluarga...

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Kamis, 19 Dzulhijjah 1442 H / 29 Juli 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚المسلم الحق؛ لا ييأس ولا يقنط، وهو...

Government

KUNINGAN (MASS) – Bunda Forum Anak Darah Kabupaten Kuningan, Hj Ika  Siti Rahmatika SE pada Puncak Hari Anak Nasional ikut berkomentar. Istri bupati itu...

Advertisement