Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Ini Nama-nama Juara Masjid Sehat dan Berprestasi di Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama SH menyerahan Piala Kejuaraan Masjid Sehat dan Berprestasi kepada para pemenang.  Penyerahan dilakukan di ruang rapat Linggajati Setda Kuningan, Jumat (11/09/2020).

Turut hadir Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar, MSi, Asda Bidang Pemerintahan, Kesra Setda Kabupaten Kuningan, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kuningan, Ketua DKM Syiarul Islam, para ketua DKM serta tamu undangan.

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyambut tahun baru 1442 H, Hari Kemerdekaan RI, serta  juga Hari Jadi Kuningan.

Bupati menerangkan, untuk mendukung dan mendorong terwujudnya visi Kabupaten Kuningan yaitu makmur, agamis, dan pinunjul, maka  pemerintah bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kuningan melaksanakan program pemberdayaan masjid melalui kegiatan lomba masjid sehat dan berprestasi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terutama para pengurus DKM dan takmir masjid.

Kemudian, akan pentingnya menata serta mengelola masjid, baik dalam sarana prasarananya maupun administrasinya sehingga terciptanya suasana masjid yang bersih dan sehat.

Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada DMI Kabupaten Kuningan yang telah melaksanakan program tersebut.

Diterangkan, program pemberdayaan masjid adalah sebagai bentuk keseriusan dan kepedulian pemerintah Kabupaten Kuningan terhadap kemakmuran masjid.

Selain itu pemerintah juga menyelenggarakan program keagamaan lainnya salah satunya program pelatihan manajemen masjid.

“Program tersebut tidak akan berhasil tanpa dukungan seluruh lembaga keagamaan serta seluruh elemen masyarakat,” ujar Acep.

Ia berharap  semoga dengan adanya apresiasi seperti ini dapat memotivasi dalam menata dan mengelola masjid dengan baik.

Selanjutnya melalui tahapan penilaian yang dilaksanakan oleh DMI, sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi pemerintah kepada masjid-masjid yang terpilih sebagai masjid terbaik tahun ini, memberikan penghargaan yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran masjid.

Dimulai dengan pemberkasan pada awal Agustus hingga 25 Agustus, lalu mengundang setiap kecamatan untuk mengirimkan 5 masjid untuk mengikuti penilaian.

Dari hasil tersebut diambil 5 masjid yang dinilai secara berkas memenuhi persyaratan. Dan termasuk dilakukan juga penilaian terhadap remaja mesjid dan kegiatannya serta majelis taklim.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Melalui laporan panitia diumumkan pemenang dalam setiap kategori, untuk kategori masjid sehat dan berprestasi juara I diraih oleh masjid Al-Muttaqin Kelurahna Awirarangan.

Lalu, Juara II diraih oleh Masjid Nurul Huda Des/Kec. Garawangi, Juara III diraih oleh masjid Baiturrahim Desa Ciomas.

Sementra  Juara IV diraih oleh masjid Daarul Falah Desa Cikaso, dan juara V diraih oleh masjid Al Ikhlas Desa Luragung Tonggoh.

Untuk kategori remaja masjid berprestasi Juara I Remaja Masjid Ar Rohman Desa Kasturi, Juara II diraih oleh Remaja Masjid Daaul Muttaqin Desa Danalampah Kecamatan Pancalang dan juara III diraih oleh remaja masjid At Taqwa Des/Kec Ciawigebang.

Selain itu, untuk kategori majelis ta’lim berprestasi juara I diraih oleh majelis ta’lim Nurul Huda Des/Kel Salajambe, juara II diraih oleh majelis ta’lim Al Barokah Desa Linggasana.

Sedankan juara III diraih oleh majelis ta’lim Al Falah Desa Timbang Kecmatan Cigandamekar, dan juara IV diraih oleh majelis ta’lim Hidayatul Islam Desa Purwasari Kecamatna Garawangi.

Sekadar informasi DMI memiliki program seperti lomba masjid sehat dan lomba manajemen masjid. Selain itu, ada juga sahabat masjid yang merupakan suatu mitra untuk menjadi partner dalam kegiatan memakmurkan masjid.

Kegiatan penilaian mesjid ini ialah kegiatan rutin tahunan untuk menilai mesjid se-Kabupaten Kuningan. Dengan tujuan untuk memakmurkan masjid dengan fokus pada masjid sehat.

“Sehat dalam arti mengikuti protokol kesehatan, tata kelola program kebersihannya juga terencana, dan berprestasi perihal program keorganisasian,” Jelas Ketua DMI Drs H Ugin Lugina,MPd. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Perumahan Graha Santoso Ciwaru

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan khususnya pengurus DKM, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kuningan mengajak untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta lomba...

Advertisement