Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Ini Hasil Pendataan BPBD di Lokasi Pergeseran Tanah Desa Cilayung

KUNINGAN (MASS)- Pasca melakukan pendataan ke lokasi pergeseran tanah di Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru, Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana langsung melaporkan situasi tersebut kepada Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Diterangan, lokasi  kejadian  terletak di Dusun Cilayung RT 06/ 01 Desa Cilayung Kecamatan Ciwaru waktu kejadian terbaru adalah  Rabu, 12 Januari 2022 Pukul 16.30 WIB.

Adapun kronologinya adalah  pada Selasa tanggal 28 Desember 2021 terjadi hujan dengan intensitas lebat dari pukul 16.30 -17.30 WIB.

Hal itu mengakibatkan gerakan tanah yang berdampak pada retak dan amblasnya jalan lingkungan dan halaman SDN Cilayung.

Ternyata pada  Rabu tanggal 12 Januari 2022 hujan dengan intensitas lebat dari pukul  14.30- 17.30 WIB mengakibatkan gerakan tanah susulan yang berdampak pada bertambah retak dan amblasnya jalan lingkungan dan halaman SDN Cilayung

“ Luas area retakan ± 0,15 Ha yang terdiri dari halaman SDN Cilayung mengalami retak sepanjang ± 50 m dan amblas ± 10 cm – 75 cm, ” jelas pria yang dikenal dengan panggilan IB, Jumat (14/1/2022).

Selanjutnya, jalan lingkungan yang retak sepanjang ± 50 m dan amblas 10 cm – 105 cm serta  TPT sungai Cigolo longsor sepanjang 7 m tinggi 3 m.

Diterangkan, akibat kejadian itu akses masyarakat RT 06 RW 01 Desa Cilayung terganggu ( 16 rumah, 19 KK dan 54 jiwa ).

Kemudian, terganggu dan terancamnya proses pembelajaran SDN Cilayung yang terdiri 6 ruangan kelas, 1 ruang kantor, (12 Guru, 138 siswa.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terkait upaya penanganan : Pemerintah Daerah telah menetapkan status siaga Darurat Bencana Hidrometerologi terhitung mulai 1 November 2020 sd 31 Mei 2021.

Selanjtunya, BPBD menurunkan Team Asesement dan bantuan logistik,  Aparat Desa, BPBD, TNI, POLRI dan masyarakat berkoordinasi dan melakukan upaya penanganan darurat .

Sementara untuk  kendala  adalah  area retakan dan amblasnya tanah berada di bantaran sungai Cigolo dengan kelerengan yang curam. Sedangkan  kegiatan penutupan retakan di area lokasi gerakan tanah.

Selanjutnya,  pembuatan dan perbaikan saluran drainase, pembuatan alat ukur manual pergerakan tanah.

Selain itu juga penutupan area rekan dengan terpal,  pemasangan rambu tanda bahaya, dan pemantauan melalui alat ukur manual

“Penanganan darurat dampak dari gerakan tanah selesai dilaksanakan,” jelasnya.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Drs H Ihsan Marzuki MM, dalam statement pertamanya sebagai anggota DPRD Kabupaten Kuningan, menyebut kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun”. “Sesungguhnya segala...

Education

kerja setiap bidanhnua dalam upaya menjalankan trilogi ikatan,” tururnya. (eki) Dilantik di Pendopo, Younggy: IMM Ada Di Tengah Pemerintah dan Masyarakat KUNINGAN (MASS) –...

Health

KUNINGAN (MASS) – Warga Desa Cimara Kecamatan Cibeureum nampak mengikuti kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis pada Sabtu (6/8/2022) kemarin di balai desa. Acara itu,...

Religious

DARMA (MASS) – Ribuan warga Desa Sakerta Barat Kecamatan Darma nampak mengikuti arak-arakan pawai obor sebagai bentuk suka cita dan antusiasnya memasuki 1 Muharram,...

Advertisement