Connect with us

Hi, what are you looking for?

Government

Ingat! Perusahaan Pers Harus Berbadan Hukum

KUNINGAN (MASS)- Ketua PWI Jawa Barat H Hilman Hidayat mengingatkan, perusahaan pers harus berbadan hukum PT yang khusus membidangi penerbitan media.

“Saat ini banyak media sudah berbadan hukum tapi tidak sesuai degan Undang-undang Pers. Ini harus dipahami oleh semua media,” jelas Hilman usai melantik pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan Periode 2020-2023 bersamaan dengan Launchingnya Website PWI Kabupaten Kuningan, bertempat di Ballroom Sangkan Aqua Park Bandorasa, Kamis (25/2/2021).

Dikatakan, PWI sudah hampir 74 tahun berdiri dan Organisasi profesi wartawan terbesar di Indonesia yang mempunyai sejarah di dalamnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada 9 Februari merayakan bersama Presiden Jokowi serta Kominfo dengan mengakses 500 ribu akun untuk merayakan hari Pers Nasional salah satunya Organisasi PWI.

“Ketika anda bersumpah ingin menjadi pengurus PWI anda harus mengikuti aturan mainnya terutama Undang-undang Pers No. 40 Tahun 1999 Kode Etik Jurnalistik dan Kode Etik Perilaku Wartawan,” ujar Ketua PWI Jawa Barat.

Selanjutnya Ia juga meminta, untuk membuat berita yang berisi kepentingan publik agar menjadi fungsi sebagai wartawan yaitu menjadi sosial kontrol.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kita harus menjadi benteng paling depan untuk membela masyarakat dan publik, jangan sampai terbuai dengan kemitraan atau pengusaha,” ujarnya.

Sekadar informasi pernyataan Ketua PWI Jabar terkait banyak media yang belum berbentuk PT merupakan fakta. Kuninganmass.com sendiri sudah berbentuk PT dan sesuai aturan yang berlaku.

Selain pelantikan juga, acara ini juga sekaligus Penyerahan KTA PWI Muda dan Sertifikat secara simbolis oleh Bupati Kuningan yang di dampingi Ketua PWI Jawa Barat H Hilman Hidayat kepada Anggota Muda PWI Kabupaten Kuningan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mengawali sambutanya Ketua PWI Kabupaten Kuningan Nunung Khazanah menyampaikan bahwa, dengan sejalannya tema Hari Pers Nasional (HPN) 2021 PWI Kabupaten Kuningan akan berusaha merefleksikan tema tersebut dalam tugas dan fungsi sebagai jurnalis.

Adanya pandemi covid-19 sangat berdampak pada semua sektor, maka dari itu media pun ikut berperan dalam pemulihan, dengan menjadi lebih kuat sebagai corong perubahan akibat pandemi ini.

“Saya optimis kalau melihat potensi daerah kita, insya Allah bisa berkembang maju, karena Kuningan memiliki potensi pertanian, pariwisata, dan UMKM,” ujar Nunung.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ia juga berharap, sektor-sektor tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah supaya pandemi tersebut bisa terpecahkan, serta adanya keseriusan dan sinergitas seluruh SKPD dengan pendekatan satu sama lain.

Selain itu, program kerja yang di rencanakan PWI diantaranya, menjadikan ”Rumah Pintar Jurnalis”  Sebagai ajang latihan dan kursus jurnalis.

Kemudian, ngobrol penuh inspirasi (NGOPI)-nya PWI, Membangun Website khusus organisasi PWI yang berisikan profil kepengurusan dan anggota PWI, kode etik jurnalistik maupun aturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan jurnalis, Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), maupun Undang-Undang Publikasi DNA Informasi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Berkaitan dengan program kerja saya sebagai Ketua PWI Masa bhakti 2020-2023, serta dengan Usia PWI yang sudah 74 tahun ini harus tetap tegar, semakin dewasa, semakin solid, semakin profesionalisme dan menjaga marwah PWI, dengan tidak mengesampingkan tantangan zaman,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini Bupati juga menyampaikan PWI merupakan sosial kontrol yang menjadi penyalur aspirasi dari masyarakat, sehingga masyarakat akan lebih tau.

Tak lupa Ia juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman pers khususnya PWI karena bersama Pemerintahan dapat menyukseskan pembangunan atas koreksi, dan kritik untuk saling mengingatkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selanjutnya Ia juga menjelaskan bahwa, pemerintah dan pers tidak bisa dipisahkan untuk mengisi pembangunan dan manfaat, dengan perkembangan laju keilmuan di segala bidang yang akhirnya menghasilkan suatu teknologi yang sangat tinggi.

“Oleh karena itu kita harus hati-hati terhadap apa yang kita kerjakan dan semuanya harus berjalan di atas track dan jalur yang benar, serta apapun pencapaian yang telah didapatkan insyalllah kita bisa tenang dan berinovasi.” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati juga mengucapkan selamat kepada Ketua PWI Kabupaten Kuningan telah membawa nama PWI menjadi profesional.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selanjutnya bermartabat yang inovatif dan juga kolaboratif, karena merupakan bagian dari penyelenggaraan pemerintahan terkait dengan suksesnya pembangunan, dalam rangka membangun transformasi informasi kepada masyarakat.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Dari sekitar 700 wartawan yang bertugas di Jawa Barat, rupanya masih banyak yang belum mengikuti UKW (Uji Kompetensi Wartawan). Berdasarkan keterangan...

Advertisement
Exit mobile version