Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Ingat! Ada Operasi Zebra Selama 14 Hari

KUNINGAN (MASS) – Selama 14 hari kedepan atau dari tanggal 26 Oktober-8 November 2020 akan dilakukan Operasi Zebra Lodaya.

Kegiatan gelar pasukan pun dilakukan pada  Senin (16/10/2020) pukul 14.00 WIB halaman Mapolres Kuningan.

Bahkan disatukan dengan Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Long Weekend Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel adalah Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik SIK. Hadir juga para perwira lainnya. Adapun peserta apel adalah anggota Polres, Kodim 0615 Kuningan,  Dishub Kuningan.

“Operasi digelar selama 14 hari. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan sebelum pelaksanaan operasi “zebra lodaya – 2020” dan pengamanan libur panjang long weekend Maulid Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Diterangkan, sesuai amanat undang – undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Polri khususnya Polantas bersama pemerintah yang didukung instansi terkait dan pemangku jalan lainnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas.

Selain itu juga menurunnya titik lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Hal ini  guna terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif.

Operasi “Zebra Lodaya – 2020” merupakan bentuk operasi kepolisian bidang lantas yang mengedepankan giat preemtif 45%, preventif 45% dan gakkum 10% secara selektif prioritas guna mewujudkan kamseltibcar lantas.


Serta menghimbau kepada masyarakat khususnya pengguna kendaraan bermotor untuk selalu mentaati protokol kesehatan 4m (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengindari kerumunan).

Lukman menerangkan, dalam pelaksanaan operasi tidak dibenarkan adanya target tilang, tetapi pelanggaran lantas yang “tematik” berdasarkan prioritas pelanggaran yang dapat menyebabkan laka lantas dan kemacetan arus lalin dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sebelum melaksanakan kegiatan agar mensosialisasikan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan operasi sehingga dapat diketahui oleh masyarakat.

“Target operasi yang harus dicapai adalah menurunnya titi lokasi kemacetan, laka lantas dan pelanggaran lalu lintas sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing (tematik),” ujarnya.

Tentu  dengan tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 dilakukan secara preemtif, preventif dan persuasif juga humanis.

Selain itu apel ini juga untuk mempersiapkan antisipasi pengamanan libur panjang (long weekend) dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement