Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Business

Industri Non Primer di Masa Pembatasan, Digital Adalah Kunci

KUNINGAN (MASS) – Masa pembatasan ini memang cukup berdampak pada gampir semua sektor. Tapi ya mau bagaimana lagi, pandemi belum mereda selama setahun belakangan.

Sektor yang paling terdampak, tentu saja industri dan usaha di bidang non primer. Seperti itulah yang diutarakan salah satu pelaku usaha foto, Lukman Hakim.

“Tentu menekan kita, karena semua beralih ke kebutuhan pokok, primer. Makanan dan Kesehatan. Ibaratnya, siapa sih yang butuh foto saat kondisi begini,” sebutnya saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Meski begitu, di masa pembatasan ini Lukman mengaku tetap berusaha untuk tidak menghentikan kegiatan bisnisnya. Apalagi, saat ini dirinya membawahi banyak orang yang bekerja padanya.

“Cukup tertekan dan terjun bebas. Meski awal-awal ada WFH, kita ada pengaturan jadwal (tapi tidak pemecatan, red),” sebutnya.

Digital Adalah Kunci

Perkembangan pesat dunia digital, online memang sudah dirasa Lukman sejak lama.

Pemilik Aini Foto Studio Kuningan itu mengaku sudah cukup lama menggeluti dunia digital.

“Kalo studio kan gak mungkin online, tapi jualannya bisa di online. Kita juga jual foto, figura, hiasan dinding dan baju, custom. Kita bahkan udah jadi seller prioritas,” ceritanya di salah satu marketplace.

Meski bisnis fotonya di dunia digital pun mengalami penurunan yang cukup tajam, namun masih cukup bisa menghidupinya dan tim yang bekerja di bawahnya.

“Pasar online itu besar. Ada sekitar 30-40 juta pengguna aktif internet,” jawabnya saat ditanya progres market di luar Kuningan.

Selain pasar langsung, lelaki satu anak itu juga menyebut ada pasukan reseller yang saling topang menopang.

Dirinya tertopang penjualan. Reseller, tak perlu punya produk dan modal yang besar untuk produksi. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Rabu  (12/5/2021) dini hari dua rumah  Desa/Kecamatan  Nusaherang ludes terbakar. Bukan hanya harta tapi dokumen kependudukan pun hangus.                                       Mengetahui warga kehilangan dokumen...

Government

KUNINGAN (MASS) – Permasalahan klasik selalu muncul tiap lebaran yakni gas melon (gas 3 Kg) langka. Padahal kuota ditambah 450 persen dari jatah per...

Government

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH dan Wakil Bupati Kuningan, H M Ridho Suganda, M Si seta Sekda Kuningan Dr H...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Komunitas Ancaran Maju berbagi kebaikan di Bulan Suci Romadhon. Selain berbagi takjil 150 bungkus untuk pengguna jalan di kawasan RE Martadinata,...

Advertisement