Sungai Meluap Andamui Banjir

KUNINGAN (MASS)- Hujan deras yang terjadi pada Rabu (6/2/2018) sore di Desa Andamui Kecamatan Ciwaru membuat air sungai Cisanggarung meluap. Luapan itu masuk ke permukiman warga dan membuat akses jalan tertutup.

Warga sendiri dengan kejadian ini dibuat repot dan mereka berusaha mengalirkan air ke jalan agar tidak masuk ke rumah. Air yang meluap dengan ketinggian sekitar 30 cm.

Air mulai surut pada malam hari seiiring dengan redanya hujan. Warga sekitar selalu was-was ketika turun hujan deras yang cukup lama, karena akan mengakibatkan banjir.

Jarak sungai dengan permukiman cukup dekat, sehingga setiap hujan deras mereka selalu siaga.

“Iya warga yang berada di blok timur desa kebanjiran akibat luapan air sungai. Tapi hal ini sudah lumrah pada saat musim hujan,” ujar Camat Ciwaru Pepen, yang dikonfirmasi pada Kamis (7/2/2019) pagi.

Saat ini lanjut dia, tengah dibangun TPT, namun belum beres. Pihaknya saat ini tengah mempercepat pembangunan agar air tidak selalu meluap dan masuk ke permukiman warga.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin yang dikonfirmasi membenarkan terjadinya banjir. Menurunya, banjir hanya semata kaki orang dewasa.

“Saat ini petugas tengah mengecek ke lokasi. Pasalnya, pada saat kejadian belum ada laporan masuk,” jelasnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com