Lagi-lagi Kebakaran di Dua Titik, Kerugian Hampir Setengah Miliar

KUNINGAN (MASS) – Petugas Damkar Kuningan dibuat kerja keras selama bulan Agustus  ini. Pasalnya sudah ada 23 kejadian di wilayah Kuningan dan dalam tiga hari ini kejadian kebakaran kebanyakan adalah lahan dan nyaris membakar permukiman warga.

Pada Kamis malam sekitar 19.30  WIB ada lahan seluas 2, 5 Ha yang berlokasi di Blok Sawah Luhur Rt 02 Rw 04 Desa/Kecamatan  Ciniru  terbakar. Sumber api dari arah Desa Rambatan  kemudian menjalar ke Blok Sawah Luhur  dan api  semakin membesar hampir memasuki permukiman penduduk dengan jarak 4,5 meter.

Petugas Damkar menerahkan 1 unit  mobil dengan 8 orang anggota langsung melincur ke TKP  dan tiba jam  19.55 .Dibantu anggota Satpol PP Ciniru,  warga sekitar, Koramil Ciniru, Polsek ciniru dan BPBD Kuningan api berjasil dipadamkan sekitar pkl 22.15 WIB. Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui.

Akibat kadian itu total keruigan adalah Rp404 juta. Besaran kerugian karena lahan yang terbakar terdiri dari  pohon albasiah 350 pohon x Rp. 500 ribu/ pohon =Rp. 175 juta. Lalu,   pohon jati 300 pohon x Rp 750 ribu/pohon = Rp.225 juta ,  pohon bambu  400 batang x Rp10 ribu/ batang = Rp. 4 juta  dan  jenis pohon lainya.

Setelah itu, pada jam 21.05 WIB dihari yang sama terjadi kebaraan  di Tempat Pembuangan Dampah (TPS) Dusun Wage RT 16/03 Desa Kasturi Kecamatan Kuningan. TPS yang berukuran 5 M x 7 M = 35 M2 terbakar .

Kejadian ini beriringan dengan kejadian kebakaran lahan di Desa Ciniru. Andai pihak Damkar tidak sigap maka kobaran api bisa merambah ke pemukiman penduduk  tepatnya ke Perum Alam Asri Blok C Rt 17/ Rw 04 Lingkungan Ciarja Kelurahna Ciporang. Api bisa  dipadamkan sekitar Pkl 22.35 WIB denga dibantu warga.

“Kepada seluruh  masyarakat  kami mengajak dan mengimbau agar lebih sadar akan bahaya kebakaran dan waspada terhadap segala bentuk tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran,” ujar Plt UPT Damkar  MH Khadafi Mufti SPd MSi. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com