Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

Ikuti PKM, 570 Mahasiswa FKIP Dilepas

KUNINGAN (MASS)- Ratusan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti kegiatan Pelepasan Mahasiswa Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) bertempat di Gedung Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan, Jumat-Sabtu (17-18/01/2020).

Dalam laporannya, Kepala Unit PKM dan Microteaching, Cucu Suhartini, MPd menyampaikan kegiatan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) dilaksanakan secara berkelanjutan yaitu PKM I, PKM II, dan PKM III.

“Sebagai upaya menyelaraskan kurikulum di Perguruan Tinggi dalam mempersiapkan calon guru yang kompeten dan profesional, FKIP Uniku melaksanakan dan mengimplementasikan kegiatan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) yang terdiri dari PKM I, PKM II, dan PKM III,” ujarnya.

Selanjutnya, Cucu memaparkan kegiatan PKM diikuti oleh seluruh mahasiswa Semester 3 dan Semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku). Dalam hal ini, kegiatan PKM I diikuti oleh 289 Mahasiswa Semester 3 dan kegiatan PKM II diikuti oleh 281 Mahasiswa Semester 5.

“Jadi, total mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM I dan PKM II adalah sebanyak 570 mahasiswa yang berasal dari 6 Program Studi yang ada dilingkungan FKIP Uniku. 570 mahasiswa ini nantinya akan disebar di 35 sekolah mitra, baik ditingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas,” paparnya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan bahwa kegiatan PKM I dan PKM II masing-masing akan diselenggarakan selama 1 minggu. Adapun kegiatan PKM I akan dilaksanakan pada 27 Januari 2020 – 1 Februari 2020. Sedangkan kegiatan PKM II akan dilaksanakan pada 3 Februari 2020 – 8 Februari 2020.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), Yeyen Suryani, MPd, dalam sambutannya mengatakan kegiatan PKM I dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kultur sekolah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kegiatan PKM yang dilakukan secara berkelanjutan mulai dari PKM I, II, dan III ini memiliki tujuannya masing-masing. Pada kegiatan PKM I, mahasiswa melakukan observasi dengan tujuan untuk mengetahui kultur sekolah, visi misi, SOTK, kegiatan ekstrakulikuler, maupun kegiatan guru di sekolah,” ujarnya.

Lebih jauh, Yeyen menyampaikan kegiatan PKM II dilakukan dengan tujuan untuk memantapkan kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa melalui penelaahan dan pengembangan perangkat pembelajaran.

“Selanjutnya, pada kegiatan PKM II, mahasiswa menelaah dan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus dan RPP. Melalui kegiatan PKM II, mahasiswa diharapkan dapat lebih memantapkan kompetensi pedagogik dan profesional serta memantapkan kemampuan awal guru melalui kegiatan telaah dan pengembangan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh seorang tenaga pendidik di sekolah,” jelasnya. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Untuk memperluas jejaring kerja sama, Universitas Kuningan (Uniku) menjalin kerja sama dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU)...

Education

KUNINGAN (MASS)- Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang beberapa waktu lalu sudah melantik para pejabat strukturalnya, kali ini Uniku yang merupakan kampus pertama dan menjadi...

Netizen Mass

“Al-Quran as the first and the foremost guidance for Muslims“ KUNINGAN (MASS) – Al-Qur’an sebagai pedoman utama dan terpenting bagi umat Islam dimana Islam...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Derbi klasik sepakbola antara civitas akademika Uniku dan STKIP Muhammadiyah tersaji di lapangan Cipari, Rabu (18/11/2020) sore. Tim Uniku yang mengusung...

Advertisement