Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

HMI Ziarahi Makam Pahlawan

KUNINGAN (MASS) – Kemeriahan HUT kemerdekaan RI yang ke-75 belum usai. Beberapa kegiatan masih berlangsung.

Berbeda dengan semarak kemeriahan lain, HMI Cabang Kuningan dibawah komando Ghozin Muslim, memilih berziarah ke Makam Pahlawan Samudra yang berada di Balong Dalem, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.

Dijelaskan Ghozin, ziarah dilakukan untuk mengingatkan pada jasa para pahlawan yang telah gugur dalam meraih kemerdekaan tanah- air.

“Juga mengingatkan kami yang merupakan bagian umat Islam, yang meyakini bahwa kami berasal dari tanah dan akan kembali ketanah, maka tidak ada salahnya dalam rangka HUT RI ke-75 kita menziarahi makam pahlawan,” ungkapnya.

Kegiata berlangsung dengan khitmat dan sederhana, dan tetap me jaga standar kesehatan di masa pandemi.


Ketua Bidang Pemberdayaan Umat HMI Wildan Kamal, menerangkan bahwa kegiatan yang dilakukan sederhana itu, dilakukan do’a bersama, membaca Surah Yasin, menyiram dan menaburkan bunga lalu pulang.

“Intinya kegiatan ini selain dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, juga mengingatkan kita bahwa setiap yang bernyawa pasti akan wafat, sesuai dengan QS. 29:57,” ujarnya sembari menerangkan ayat yang dimaksud, kullu nafsin dzaa-iqatu almawti tsumma ilaynaa turja’uuna.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Makam Pahlawan Samudra sendiri dipilih karena sarat akan sejarah. Makam pahlawan ini, hadir sebagai penghormatan kepada mereka yang gugur di medan juang sebagai kusuma bangsa.


Diceritakan, pada tahun 1950, atas inisiatif para tokoh masyarakat yang dipimpin oleh Kapten L. Idma Kartadisastra, dilakukan pemindahan kerangka jenazah.

Jenazah yang dipindahkan, awalnya dikuburkan di beberapa tempat, kemudian dikuburkan kembali di Komplek Balong Dalem Jalaksana. (eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Berlokasi di Jl. Babakan Mulya Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana Kuningan, sebuah tempat wisata yang syarat akan syejarah panjang menjadi pilihan banyak...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – DPC GMNI Cirebon menggelar Kaderisasi Tingkat Dasa (KTD) di objek wisata Situs Balong Dalem, Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Kegiatan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Pondok Pesantren (Pontren)Husnul Khotimah Kuningan menggelar Outbound Tarbawi di Balong Dalem, Kuningan (11/7/2019). Kegiatan tersebut bertujuan memberikan bekal dan penyegaran sebelum...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Begitu banyak potensi di desa yang bisa di kelola dan dikembangkan  bersama oleh pemerintah desa dan masyarakat desa itu sendiri. Tinggal...

Advertisement