Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Uncategorized

Hari Jadi Kuningan Tidak Diundur, Ini Keterangan Jelasnya

KUNINGAN (MASS)- Seperti diketahui karena pada tanggal 1 September bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha,  maka  Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupten Kuningan dalam rangka Hari Jadi Kuningan ke-519 Tahun 2017 diundur ke tanggal 4 September.

Biasanya kalau tidak ada halangan selalu digelar pada tanggal  1 September. Dengan diundurnya rapat paripurna ada informasi yang beredar di masyarakat bahwa Bupati Acep Purnama merubah Hari Jadi Kuningan dari tanggal 1 menjadi tanggal 4 September.

Untuk meluruskan informasi itu Panitia Peringatan Hari Besar Nasional memberikana pernyataan. Hal ini agar tidak ada kesalahanpahaman di masyarakat.

“Hari Jadi Kuningan ditetapkan tanggal 1 September  dan tidak berubah sampai sekarang. Untuk tahun ini mengingat tanggal 1 September bertepatan dengan Idul Adha, sehingga jadwal Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kuningan yang biasanya dilaksanakan tanggal 1 September diundur menjadi 4 September. Jadi bukan hari jadinya yang dirubah, hanya pelaksanaan rapat paripurnanya yang diundur,” beber Sekretaris PHB Kuningan Wahyu Hidayah MSi kepada kuninganmass.com, Senin (21/8).

Ia berharap pernyataan ini dipahami oleh semua pihak agar tidak ada salah sangka. Hari Jadi Kuningan tidak akan pernah dirubah karena itu sama saja dengan merubah sejarah.

Sekedar informasi seperti tahun-tahun sebelumnya Pemkab Kuningan melalui Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) pada tahun ini akan menggelar berbagai kegiatan dalam peringatan HUT RI ke 72. Bukan hanya HUT RI tapi juga peringatan Harjad Kuningan ke 519.

Agenda kegiatan HUT RI akan dimulai  Selasa  15 Agustus. Acara pertama adalah  khitanan massal dan donor darah bertempat di Halaman Setda.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kemudian agenda Riung Mungpulung dengan Para Perintis Kemerdekaan RI. Acara ini diisi  dengan Penyerahan Penghargaan Lencana Karya Satya, Penyerahan Lomba Desa, Lomba K3 bertempat di Pendopo.

Pada ke esokan harinyya atau hari Rabu 16 Agustus  Sidang Paripurna Istimewa DPRD (mendengarkan Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2017) bertempat di Gedung DPRD. Selanjutnya  Bakti Sosial Pundi Amal SCTV dan Pentas Artis bertempat di Desa Maleber.

Pada hari yang sama lanjut Wahyu akan dilakukan Pengukuhan Paskibraka bertempat di Pendopo. Lalu, Taptu bertempat di Depan Pendopo,  Apel Kehormatan dan Renungan Suci bertempat di TMP Haurduni.

Untuk hari Kamis  17 Agustus dilakukan Upacara Pemberian Remisi bertempat di LP Kuningan. Setelah itu   dilanjutkan  Upacara Mengenang Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI bertempat di Stadion Mashud Wisnuputra.

Pada sore harinya dilanjutkan  upacara Penurunan Bendera Merah Putih bertempat di Stadion Mashud Wisnuputra, dan  Pembubaran Paskibraka bertempat di Pendopo.

Mantan Kabag Ekonomi Bappeda Kuningan itu menerangkan, selain agenda peringatan HUT RI, juga ada rindian agenda peringatan Harjad.

Peringatan Harjad dimulai  hari Sabtu 19 Agustus dengan menggelar   Pagelaran Wayang Golek Putra Giri Harja bertempat di Desa/Kecamatan  Subang. Kemudian, pada tanggal 23 Agustus  Istigosah bertempat di Masjid Syiarul Islam.

Sementara pada tanggal  27 Agustus  dihelat Jalan Santai Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Pandapa Paramarta. Keesekon harinya  tanggal 28 Agustus  ziarah ke Makam Leluhur Kuningan bertempat di Makam Gede, Eyang Weri, Rama Jaksa dan Mantan Bupati Kuningan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Setelah itu pada  29 Agustus  Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati bertempat di Makam Sunan Gunung Jati Cirebon. Lalu,  3 September 2017 Babarit bertempat di Depan Pendopo, 4 September  Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabuapten Kuningan dalam rangka Hari Jadi Kuningan ke-519 Tahun 2017 bertempat di Gedung DPRD Kuningan.

Adapun Sapton dan Panahan Tradisional bertempat di Lapangan Sepak Bola Kertawangunan Kecamatan Sindang Agung akan dilaksnakan pada tanggal 4 September. Pada tangal 6 September  Pembukaan Pameran Pembangunan bertempat di Pandapa Paramarta.

“Tangal 8 September  Pembukaan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Nasional bertempat di Pandapa Paramarta dan  10 September  Karnaval Budaya bertempat di Start Jalan Siliwangi (Depan Pendopo) dan Panggung Kehormatan depan Taman Kota Kuningan,” ujar Wahyu lagi.

Sementara pada   15 September  Penutupan Pameran Pembangunan bertempat di Pandapa Paramarta, 17 September  Jalan Santai Hari Jadi Kuningan bertempat di Pandapa Paramarta.

Pada  17 September  juga digelar Pacuan Kuda Tradisional bertempat di Lapang Pacuan Kuda Jalan Baru Soekarno. Lanjut pada  23 September  Pagelaran Wayang Ajen bertempat di Desa Cijemit Kecamatan Ciniru.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada  semua pihak  yang terlibat dalam pelaksanaan PHBN ini untuk bekerjasama membangun sinergi, tnetu  agar dalam pelaksnaannya dapat  berlangsung dengan meriah, tanpa meninggalkan rasa aman, tertib dan  kondusif,” pungkasnya. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement