Usai Pertemuan Dengan Bupati, Ramai-Ramai Bersihkan Sungai

KUNINGAN (MASS) – Tindaklanjut dari  pertemuan dengan Bupati Kuningan H Acep Purnama dan juga warga Kelurahan Winduherang, yang dilakukan oleh  peternak adalah membersihkan sungai.  Kegiatan yang digagas oleh  Koperasi Karya Nugaraha itu membersihkan dua sungai yang ada di Cigugur khusunya Kelurahan Cipari.

Total ada ada 50 warga yang terjun untuk membersihkan sungai itu. Tampak kotoran sapi menumpuk dan sangat terlihat terlebih pada musim kemarau seperti ini. Limbah itu diangkut ke darat dan dibungkus karung. Setelah itu diangkut ke tempat yang sudah disepakati bersama.

Pada proses pembersihan sungai itu terlihat Plt Dinas Pertanian Ir H Dodi Nurohmatuddin MP,  Kabid Peternakan Lya Priliyawati, SPt MP, Kasi Produski Peternakan Suhana SP dan pihak terkait lainnya.  Warga sendiri penuh semangat membersihkan kotoran sapi ini.

“Setiap peternak wajib membawa 10 karung kosong dan lalu diisi kotoran. Setelah itu karung-karung diangkut oleh mobil,” ujar Kabid Peternakan Lya Priliyawati, SPt MP, Minggu (22/7/2018).

lya mengaku, dengan cara seperti ini diharapkan ketika musim hujan tiba limbah yang terbawa air tidak begitu banyak. Setelah terjadi kesepakatan maka tidak akan terulang lagi kotoran dibuang ke sungai. Proses pemberisihan dilakukan sejak Minggu pagi.

Nanti setelah dikumpulkan bisa diproses menjadi pupuk dan tentu lebih bermanfaat. Petani sendiri setelah ada pertemuan mereka lebih berhati-hati dalam membuang sampah.

“Mudah-mudahan solusi limbah sampi pelan-pelan bisa teratasi. Sebab, kalau tidak ada solusi akan berbahaya,” tandasnya. (agus)

 

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com