Di Kuningan Banyak Desa Kembar, Unik dan Mirip, Sudah Tahu?

KUNINGAN (MASS)- Kabupaten Kuningan adalah kota kecil  yang berada di ujung timur Jawa Barat. Meski kecil tapi Kuningan memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Menjulang tinggi  Gunung Ciremai bukan hanya membuat alam Kuningan hijau dan juga subur, tapi lebih dari itu, karena kota ini menyimpan cerita  pra sejarah dan juga saksi bisu perjuangan bangsa Indonesi dalam merebut kemerdekaan.

Secara adaministrasif Kuningan terdiri dari 376 desa/kelurahan yang masuk ke dalam 32 Kecamatan.  Dari sekian banyak nama desa ternyata banyak nama desa yang kembar tapi beda kecamatan. Bukan hanya itu, desa yang memiliki nama unik dan mirip pun ada di kota kuda ini.

kuninganmass.com akan mencoba membahas nama desa-desa yang kembar atau sama. Tenyata jumlahnya cukup banyak sebagai bukti Desa Mekarjaya. Nama desa tersebut ada di  Kecamatan Ciawigebang,  Kecamatan Cimahi, Kecamatan Pancalang sehingga nama Mekarjaya ada di tiga kecamatan berbeda. Unik Bukan?

Begitu juga denga nama Ciniru. Yang satu ada di Kecamatan Jalaksana dan satu lagi di Kecamatan Ciniru. Entah yang mana yang pertama kali memberikan nama itu. Namun, yang pasti pemberian nama itu ada makananya.

Kemudian, nama desa selanjutnya adalah Singkup. Desa Singkup ada di Kecamatan Japara dan Pasawahan. Lalu, Desa Kramatmulya, dimana yang satu di wilayah utara dan satu di Kuningan timur atau tepatnya di Kecamatan Ciawigebang.

Kuningan juga bukan hanya memiliki desa kembaran, tapi desa unik.   Ada tiga nama desa yang terbilang unik  yakni  Pajawan Lor di Kecamatan Ciawigebang. Lalu,  Pajawan Kidul di Kecamatan Lebakwangi dan  Raja Wetan Kecamatan Japara, tapi anehnya  tidak ada nama Desa Raja Kulon.

Sementara nama desa-desa yang mirip adalah  Desa  Kertawinangun di Kecamatan Madirancan dan Cidahu. Sedangkan  Desa Kertawangunan ada  di Kecamatan Sindangagung dan terakhir Desa Partawangunan Kecamatan Kalimanggis.

“Memang unik nama-nama desa di Kuningan itu. Seingat saya juga masih ada yang sama, tapi lupa lagi. Karena banyak desa kembaran maka orang ketika bertanya selalu menambahkan nama  kecamatan  untuk membedakan,” ujar kabid Pemdes DPMD Kuningan H Ahamd Faruk MSI, Rabu (19/9/2018).  (agus)

 

Berikut Nama-nama desa yang sama
1. Mekarjaya Kecamatan Cimahi
2. Mekarjaya Kecamatan Ciawigebang
3. Mekarjaya Kecamatan Pancalang
4. Ciniru Kecamatan Ciniru
5. Ciniru Kecamatan Jalaksana
6. Singkup Kecamatan Japara
7. Singkup Kecamatan Pasawahan
8. Kramatmulya Kecamatan Kramatmulya
9. Kramatmulya Kecamatan Ciawigebang
10. Cidahu Kecamatan Cidahu
11. Cidahu Kecamatan Pasawahan
12. Sukasasi Kecamatan Karangkancana
13. Sukasari Kecamatan Mandirancan
14. Nanggela Kecamatan Madirancan
15. Nanggela Kecamatan Cidahu.
16 Kertawinangun Kecamatan Cidahu
17 kertawinangun Kecamatan Mandirancan
18. Cibuntu Kecamatan Pasawahan
19. Cibuntu Kecamatan Cigandakemar
20. Sukamukti Kecamatan Jalaksana
21. Sukamukti Kecamatan Cipicung

22. Desa Sidangjawa Kecamatan Cibingbin

23 Desa Sindangjawa Kecamatan Kadugede

Desa yang mirip-mirip
1. Kertawinangun Kecamatan Mardirancan dan Cidahu
2. Kertawangunan Kecamatan Sindang Agung
3. Partawangunan Kecamatan Kalimanggis

Yg unik
1. Pajawan Lor di Kecamatan Ciawigebang
2. Pajawan Kidul di Kecamatan Lebakwangi
3. Raja Wetan Kecamatan Pancalang,  tapi tidak ada Desa Raja Kulon.

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com