Darma Deklarasi Desa Bersih Narkoba dan Anti Praktik Rentenir

KUNINGAN (MASS)- Jumat (26/7/2019) pagi Pemdes melakukan Deklrasi  Desa Bersih Narkoba dan Anti Praktik Rentenir. Kegiatan ini merupakan bukti dari Kades H Totong Yudi M untuk membuat wilayanya bersih dari barang haram.
Acara dihadiri Camat Darma Didin yang mewakili bupati, Kasi P2M Dedy Nuryadi, SE mewakili Keapl  BNNK Kuningan, Kasat Res Narkoba Polres Kuningan Dedih Dipraja, Kapolsek Darma dan Koramil.
Kasi P2M Dedy Nuryadi, SE mengatakanm  untuk menciptakan desa Darma Bersinar tentunya tidak akan cukup dengan mengandalkan aparat penegak hukum seperti Polisi, TNI atau BNN. Namun  perlunya campur tangan atau partisipasi masyarakat yang cukup tinggi.
“Dengan program desa bersinar tentunya yang didalamnya merupakan sinergirgitas 3 pilar yaitu desa, babinsa dan babinkamtibmas. hala ini  akan memperkuat keberadaan aparat pemerintah di lingkungan desa,” tandasanya.
Dikatakan, desa merupakan satu kesatuan yang sangat identik kuat rasa kekeluargaannya, tinggi rasa kepeduliannya atau tingkat sosial yang cukup tinggi, maka ini adalah modal utama dalam mewujudkan desa menjadi desa yang bersih narkoba.
Lebih lanjut dikatakan,  ketika masyarakat desa bersatu dan berkomitmen untuk menciptakan desa yang bersinar, maka tidak ada ruang bagi pengedar, pecandu akan mudah ditangani dengan rehabilitasi yang arahkan oleh penggiat anti narkoba.
Dedi menerangkan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bukan masalah yang mudah untuk dicegah maupun di berantas. Namun,  dengan kepedulian masyarakat yang tinggi tentu akan mempermudah dan mempercepat terciptanya lingkungan yang bersinar.
“Kondisi ini sangat mendukung langkah yang akan atau harus dilakukan oleh aparat kepolisian maupun BNN demi terwujudnya daerah bersih penyalahgunaan dan peredaran gepal narkoba,” tambahnya.
Dan untuk mengepektifkan dan berkesinambungan langkah ini desa Darma Membetuk Satgas Anti Narkoba yang di ketuai oleh tokoh agama muda yaitu Kiyai Asep dan tokoh-t0koh agama yang lain sesuai karakteristik Desa Darma yang Agamis dan tokoh masyarakat.
“Dengan adanya kegiatan ini Dedy berharap akan dapat mewujudkan desa bersinar dan Darma dapat maenjadi pilot project bagi program desa bersinar di  Kuningan. Kemudian, juga terbebas dari praktik-praktik  renternir,” punkasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com