Bicara Soal Covid, Wabup : Kita Sudah Terlalu Lama dibatasi

KUNINGAN (MASS) – Wakil Bupati HM Ridho Suganda angkat bicara saat ditanyai perihal kondisi Kabupaten Kuningan setelah kembali ditemukan kasus positivcovid-19.

Menurutnya, saat ini pergerakan pencegahan sedang mulai berlaku kembali.

“Kita sudah mulai lagi patroli-patroli. Kita juga sudah memberikan laporan terhadap apa yang terjadi di kabupaten Kuningan,” ujarnya pada kuninganmass.com Jumat (3/7/2020) malam.

Dijelaskannya, saat ini pemerintah sedang dalam persiapan pembatasan kembali. Meski begitu, pembatasan kali ini tidak akan seluas sebelumnya, hanya ada pembatasan skala mikro.

Di kecamatan-kecamatan yang dinilai potensi penyebaran covid-19 nya cukup tinggi. Edo menyebut, pemerintah tidak akan membatasi semua wilayah.

“Jujur, manurut saya kita sudah terlalu lama dibatasi gerak-geraik kita. Makanya saat ini adalah kesempatan untuk memberi keleluasaan (bahkan berkerumun, red) dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah, melaksanakan protokol kesehatan. Saya yakin kabupaten Kuningan bisa bersih dari covid jika kita melakukannya,” ujarnya optimis.

Saat ini, diterangkan anak dua mantan Bupati Aang dan Alm Utje tersebut kemungkinan adanya kembali check point akan dibahas bersama gugus tugas. Tentu saja, harapannya, tidak ada situasi yang mengharuskan kembali ke zaman sebelumnya.

Ditanyai perihal dampak ekonomi, terutama soal UMKM, dirinya mengaku terus melakukan monitoring. Dari pemaparannya, justru UMKM yang skalanya lebih besar terkena dampak masalah yang lebih besar.

“Kita dari pemerintah juga sedang menyiapkan anggaran untuk membantu, dan juga pemulihan ekonomi. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk pelaku UMKM Kuningan,” pungkasnya. (eki)