Alhamdulillah, Warga Desa Ini Sudah Tidak Buang Air Sembarangan

KUNINGAN (MASS)- Jumlah desa di Kabupaten Kuningan yang sudah mendeklarasikan Open Defecation Free ( ODF ) atau stop buang air besar sembarangan terus bertambah. Rabu (2/11/2017) giliran Desa Windusari Kecamatan Nusaherang sudah terbebas.

Acara deklarasi dihadiri Bupati Kuningan H Acep Purnama MH. Tampak pula  Ketua TP PKK Hj Ika Acep Purnama, Wakil Ketua TP PKK Cucu Dede Sembada, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kuningan  Drs Deniawan MSi.

Kepala Desa Windusari Koniman mengucapkan terima kasih kepada  Bupati Kuningan H Acep yang telah hadir dalam deklarasi ODF. Ini sebagai momen untuk masyarakat agar mencintai kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan.

“Dengan dideklarasi ODF kami ingin kedepannya Widusari sebagai bisa menjadi desa yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan, sejalan dengan kegiatan deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan merupakan program pemerintah Kabupaten Kuningan yakni Kabupaten Sehat. Melalui gerakan stop buang air besar sembarangan  d diharapkan pada tahun 2019 seluruh desa di Kabupaten Kuningan menjadi Desa ODF.

Perubahan perilaku masyarakat ini harus disosialisasikan kepada masyarakat. Sosialisasi ini harus dididik sejak usia dini dibutuhkan peran Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas untuk menyukseskan gerakan stop buang air besar sembarangan.

Selanjutnya diakhir acara dilaksanakan penandatangan berita acara oleh Kepala Desa Windusari, Camat Kecamatan Nusaheraang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningaan terkait deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan. Selain itu juga diserahkan SK oleh Bupati Kuningan kepada Kepala Desa Windusari.

Sekedar informasi dari 376 desa di Kuningan yang sudah ODF baru sekitar 80 desa. Tentu ini menjadi perhatian serius bupati, sehingga ditargtekan pada tahun 2019 sudah semua desa terbebasr ODF. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com