Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

Gerakan Pramuka, Lakukan Bakti Sosial

KUNINGAN (MASS) – Gerakan Pramuka SMAN 1 Garawangi menggelar bakti sosial di Desa Kadatuan Garawangi pada Selasa-Rabu (29-31/12/2020).

Pembina Gugus Depan Pramukanya, Jajang Zaini Rois menyebut kegiatan ini dilakukan untuk memupuk rasa solidaritas para anggota Pramukanya, terutama di masa pandemi covid.

“Kegiatan Baksos ini merupakan salah satu program tahunan kami, dan pada tahun ini tidak menyurutkan para anggota pramuka untuk tetap bisa melaksanakan kegiatan ini walaupun di masa pandemi,” sebutnya pada kuninganmass.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kegiatan bisa tetap berjalan setelah diberi ijin oleh Mabigus atau kepala sekolah, juga izin dari gugus tugas covid kecamatan.

Dengan melibatkan 29 siswa calon penegak bantara dan 34 siswa anggota bintara, para peserta berangkat dari sekolah menuju Desa Kadatuan dengan berjalan kaki.

“Selain menikmati alam terbuka, juga melatih fisik. Ini merupakan ciri khas pramuka bermain dan berinteraksi di alam terbuka,” tuturnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di hari pertama, acara yang dilaksanakan beragam. Mulai daei pembinan dan game bersama anak-anak siaga, ramah tamah dengan pihak desa dan pensi.

Adapun hari betikutnya, barulah para anggota Pramuka ini melakukan baksosnya dengan membersihkan sarana dan fasilitas umum. Mulai dari sarana ibadah, masjid dan mushola hingga balai desa. Selain opsih, dilakukan juga penyemprotan disinfektan.

Kegiatan juga dilanjut dengan adat pramukanya, memasak atau membuat Nasi Lemang dari perpaduan beras putih dan beras ketan yang dimasak di dalam bambu dengan cara dibakar.

Penutupan sendiri, dilakukan dengan penyerahan alat-alat kebersihan oleh pihak pemerintah desa.

Penutupan sendiri, dihadiri pemerintah desa melalui Ulisnya, Ero Raup, dirinya berterima kasih bahkan meminta, dengan setengah beecanda agar baksos bisa lebih lama.

“Kegiatan positif ini, harus terus dipertahankan. Agar anak-anak kelak menjadi generasi tangguh, dan akan menjadi generasi penerus bangsa. Serta tidak mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif,” pesannya. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Untuk mencetak pembina Pramuka tingkat dasar yang baik, Kwartir Ranting Karangkancana menyelenggarakan pelatihan Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD), (16-23/12/2018). Pelatihan KMD...

Advertisement