Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Genjot Ekonomi Desa, Bumdes Tambakbaya Tanam Ribuan Cabe Jawa di Lahan 1,5 Hektare

GARAWANGI (MASS) – Sekitar 7500 pohon cabe jawa, beberapa waktu lalu, ditanam di lahan seluas 1,5 hektare lahan milik Desa Tambakbaya Kecamatan Garawangi.

Program ini, dimaksudkan sebagai upaya peningkatan ekonomi desa. Hal itu, sesuai dengan yang disampaikan Kepala Desa Lukman Mulyadi, Rabu (1/5/2022) siang.

Lukman menyebut, penanaman ribuan cabe jawa ini, merupakan upaya pemerintah desa melalui Bumdes, agar nantinya Tambakbaya ini bisa jadi centra budidaya cabe jawa.

Pihaknya, tidak khawatir akan dijual kemana nantinya hasil panen tersebut, karena sejak ditanan, memang program tersebut sudah dikerjasamakan antara Bumdes dengan PT Aisiyah Cahaya Nusantara.

“Kita ingin, Bumdes ini bisa menghidupi kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Saat ini, pertanian masyarakat kebanyakan memang masih pertanian biasa seperti sawah padi dan lain-lain. Bumdes, bergerak terlebih dahulu ke arah komoditas dengan kerjasama pihak luar.

Lukman, kades yang baru dilantik Desember 2022 ini, selain konsen di bidang pertanian juga tengah membangun parawisata yang berkesinambungan.

Bahkan, saat ini sudah ada 2 rute arung jeram yang bisa digunakan untuk anak-anak (lebih safety di rute Citunggulun, dan rute yang menantang adrenalin di Sungai Cisanggarung.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kedua ini, pariwisata dan pertanian, jadi konsen utama Lukman untuk kedepan meningkatkan PADes (Pendapatan Asli Desa) Tambakbaya. Pendapatan meningkat, proses pembangunan dan kesejahteraan tentu lebih progres. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Satu lagi wisata air yang bakal jadi referensi seru di Kuningan. Wisata yang ini, ada di Desa Tambakbaya, Kecamatan Garawangi. Ya,...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Menyikapi kasus dugaan pembelian mobil dari dana bansos di Desa Jalaksana, Ketua Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kuningan, Linawarman SH...

Government

KUNINGAN (MASS)- Pasca diiformasikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tentang meningkatnya index kedalaman kemiskinan di Kuningan. Tanpa banyak alasan, Bupati Kuningan H Acep...

Economics

Pendamping Desa Gandeng TA P3MD acara “NGOPI” dengan Desa Karangtawang KUNINGAN (MASS) – Suatu keniscayaan harapan dari pemerintah pusat terkait program penggerak ekonomi kerakyatan...

Advertisement