Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Gencar Lakukan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

KUNINGAN (MASS)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan terhitung sejak tanggal 23 November 2018 telah melaksanakan giat sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk Pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan tersebut berdasarkan surat tugas nomor: 724/PP.08.1-ST/3208/KPU-Kab/XI/2018 terbagi menjadi dua jenis yakni Forum Warga Berbasis Keluarga dan KPU Goes To School yang akan berlangung hingga tangga 4 Desember 2018.

“Mengacu pada PKPU Nomor 10 Tahun 2018 Pasal 3, bahwa ruang lingkup sosdiklih mencakup mengenai Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Anggota DPR, DRPD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan Pemilu Anggota DPD.” tutur Asep Z Fauzi Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat.

Menurut Asfa, panggilan akrab Asep Z. Fauzi, bahwa sosdiklih tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program Pemilu; meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam Pemilu; serta meningkatkan partipasi pemilih dalam Pemilu.

KPU Kabupaten Kuningan dibagi ke dalam beberapa tim untuk turun ke lapangan menemui pemilih. Di dalam forum yang terbagi menjadi 2 kategori yakni Forum Warga Berbasis Keluarga dan KPU Goes To School tersebut, KPU menyampaikan hal-hal yang dinilai cukup fundamental dalam Pemilu Tahun 2019, misalnya jenis-jenis pemilihan yang akan diselenggarakan serentak tanggal 17 April 2019, tanda warna dalam surat suara tata cara mencoblos, dan lain sebagainya.

“Penting bagi semua pihak untuk turut serta membantu mensosialisasikan hal-hal tersebut. Penyampaian dengan intensitas yang rutin, edukatif, dan komunikatif tersebut semoga akan berdampak positif bagi pengetahuan pemilih sehingga kian tumbuh kesadarannya untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2019.” tutur Asfa.

Asfa kemudian menambahkan bahwa sesuai Pasal 9 PKPU Nomor 10 Tahun 2018 terdapat ragam varian metode yang dapat digunakan untuk penyampaian materi sosialisasi diantaranya melalui forum warga, komunikasi tatap muka, media sosial, dan bentuk lain yang memudahkan masyarakat untuk dapat menerima informasi Pemilu dengan baik.

“KPU Kabupaten Kuningan berharap dengan adanya Forum Warga Berbasis Keluarga dan KPU Goes To School tersebut, peserta yang merupakan pemilih di Kabupaten Kuningan dapat menyebarluaskan kembali informasi-informasi tentang kepemiluan di lingkungan rumahnya dan bahkan di lingkungan dirinya beraktivitas. Semakin banyak pemilih memeroleh informasi, maka semakin berpeluang juga Pemilu 2019 di Kabupaten Kuningan ini kian berkualitas.” tutur Asfa. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS)- Setelah pada tanggal 2 Juli 2020 KPU Kuningan mendapatkan penghargaan terbaik Pertama non penyelenggaran pemilihan serentak 2020, raihan prestasi serupa juga kembai...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Meski tidak ada tahapan pemilihan, KPU Kabupaten Kuningan tetap aktif melakukan sosialisasi pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (PDPB). Lembaga penyelenggara pemilu tersebut...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pembagian Daerah Pemilihan di Kabupaten Kuningan sampai sekarang masih berlaku sebagaimana telah ditetapkan melalui Keputusan KPU RI Nomor 275/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan dan Pimpinan DPRD Kuningan menggelar Rapat Koordinasi, Selasa (21/7/2020). Rakor berlangsung di ruang BAMUS DPRD...

Advertisement