Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Gempa Tektonik Kuningan Berkekuatan M2.9

KUNINGAN (MASS)- Pasca gempa mengguncang Kuningan,  pihak BMKG langsung mengeluarkan siaran pers. Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho ST MSi gempa tektonik terjadi pada hari Minggu jam 08:56:04 WIB.

“Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=2.9 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 7.1 LS – 108.59 BT, tepatnya berada di Darat pada jarak 17 km Tenggara Kunigan Jabar  dengan kedalaman 13 Kilometer,” ujarnya.

baca berita sebelumnya : https://kuninganmass.com/incident/warga-kuningan-rasakan-gempa/

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat. Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kab. Kuningan dengan Skala Intensitas II – III MMI.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” jelasnya.

Dikatakan, hingga laporan ini dibuat pukul 09:17 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Minggu pagi sekitar jam 08.56 WIB warga Kuningan merasakan gempa yang cukup besar. Meski durasinya hanya beberapa detik tapi sangat terasa...

Advertisement