Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

DMI Gandeng PGRI, Jalin Kerjasama Cinta Masjid

KUNINGAN (MASS) – Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Kuningan, menggandeng Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kuningan untuk bekerjasama dalam program pemakmuran masjid.

Kerjasama itu, ditandai dengan pertemuan 25 Pengurus Harian PD DMI dan PD PGRI Kuningan di Gedung Guru, Sabtu (8/72023) lalu.

Komunikasi yang dipimpin Ketua PD DMI Dr Ugin Lugina M Pd dan Ketua PD PGRI Kuningan H Pipin Mansur Arifik M Pd, sepakat dipandang perlu menjalin kolaborasi atas irisan program kedua organisasi.

“Posisi selama ini, sebagian besar PD DMI Kuningan adalah para dosen dan guru (anggota PGRI), begitu pula anggota PGRI juga adalah para jamaah masjid, bahkan banyak juga anggota PGRI sebagai pengurus DMI dan DKM,” jelas Dr Ugin Lugina.
 
Pengembangan program pemakmuran masjid, lanjut Ketua DMI, memandang perlu pengurus dan jamaah DKM nya diwarnai oleh para akademisi khususnya kader generasi dari kalangan pelajar.

Targetnya, adalah optimalisasi masjid-masjid sekolah melalui tata kelola / menajeman yang dinamis sebagai implementasi aktifitas ibadah para pelajar dalam usia produktif.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kemanfaatannya di samping pemberdayaan rumah Allah/masjid sekolah yang potensial mengawal pendidikan karakter dan akhlak mulia, juga sebagai konstrinbusi untuk peningkatan kualitas masjid-masjid di masyarakat yang menunggu peran serta generasi muda,” sebut Ugin.

Hal itu, lanjutnya, tepat sehubungan secara umum SLTP dan SLTA di Kabupaten Kuningan memiliki masjid/mushala yang pada megah, sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan potensi masjid binaan DMI yang kurang lebih di Kabupaten Kuningan terdapat 3760 masjid / mushala.

“Adapun untuk siswa SD, sangat baik bila disupport cinta masjid dengan merapat berjamaah ke masjid/musahala terdekat dalam jam-jam shalat, maupun bagian aktifitas pembelajaran juga sekali-kali bertempat di masjid,” terangnya.

Gayung bersambut semangat berkobar dari Ketua PD PGRI Kuningan H Pipin Mansur Arifin M Pd. Ia menyebut, kehadiran pengurus harian DMI yang ketuanya sama-sama dengan ketua PGRI sebagai alumni HMI, Pipin berharap menuju kesempurnaan dalam perjuangan Pendidikan itu dipandang perlu ada penguatan program spiritual.

“Sehingga selama ini ada program pengajian rutin di PGRI, kemudian ketua PGRMI juga bercita-cita ingin mewujudkan ‘masjid guru’ dan berencana bagian puncak peringatan HUT 78 tahun PGRI pun ingin berlangsung di Masjid Agung Syiarul Islam bekerja sama dengan DMI, DKM SI dan BKPRMI,” paparnya.
 
Beberapa catatan rencana kerjasama DMI dan PGRI, antara lain:

Advertisement. Scroll to continue reading.
  1. Tema Kerjasama DMI dan PGRI Kuningan adalah “Pengembangan Cinta Masjid Bagi Generasi Pelajar”
  2. Optimalisasi kegiatan pengajian keluarga besar guru di Gedung Guru yang menghadirkan nara sumber dari DMI.
  3. Bina kader pelajar dalam penguatan cinta masjid bersama DMI, PGRI, BKPRMI dan GEMMA SI.
  4. Roadshow ke masjid sekolah dalam penguatan manajeman masjid sekolah.
  5. Gerakan berjamaah dalam lingkungan masjid sehat dan dinamis di Lembaga sekolah.

Adapun, Launching Kerjasama DMI dan PGRI sendiri, rencananya akan berlangsung dalam Tasyakuran Milad 51 Tahun DMI tanggal 1 Muharam 1445 H yang bakal digelar di Highland Ipukan Palutungan Cisantana dalam dialog “Keumatan dan Kebangsaan dalam Bingkai Pemakmuran Masjid”.

Program dialog itu, rencananya akan mengundang Bupati, Wakil Bupati, Kepala Kemenag, Ketua MUI, Ketua PC NU, Ketua PD Muhammayah, Ketua PD PUI, Ketua PERSIS, Ketua PD PGRI, Ketua GOW, BKMM-DMI, PC DMI, DKM Kecamatan, Ketua Ormas Islam lainnya.

“Mohon doa dan dukungan dari semua pihak, untuk kebangkitan generasi masjid yang ahli ibadah dan ahli manfaat,” ujar Ketua Panitia Dr Iwan Ahenda M Ag. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Demi mendorong anak-anak untuk mencintai masjid, TK Alam Al-Ghifari bekerjasama dengan DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kuningan. Salah satunya dengan menggelar kegiatan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Memperingati Milad ke-51, sekaligus memperingati tahun baru Islam 1 Muharrom, DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kuningan menggelar dialog keumatan dan kebangsaan, Rabu...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kuningan siap menggalakkan kebaikan di bulan Ramadhan ini. DMI Kuningan, melakukannya dengan meluncurkan program...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Adanya dua tabliod yang disebar ke masjid-masjid membuat warga Kuningan resah. Pasalnya, isi dalam berita ada yang menyudutkan salah satu pasangan yang...

Advertisement