Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Headline

Ditangkap Polisi, Tim LBH Sulit Temui Mahasiswa

CIREBON (MASS) – Setelah menunggu dari pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 04.30 WIB (waktu subuh) Tim Advokasi dari LBH Cirebon dan PKBH UNIKU masih tetap tidak diberikan akses oleh pihak polres Cirebon Kota untuk menengok dan mendampingi mahasiswa yang ditangkap usai melakukan aksi tolak Omnibus Law.

Padahal kedatangan LBH untuk memastikan kondisi massa aksi yang ditangkap. Menurut pihak Polresta semua massa aksi yang ditangkap sedang dilakukan pemeriksaan dan tes urine.

Namun sampai waktu subuh massa aksi belum juga dikeluarkan. Bahkan untuk memberikan makanan dan minuman pun tidak diberikan izin sama sekali.

“Berkali- kali tim advokasi melakukan upaya komunikasi dan negosiasi namun pihak Polres Cirebon Kota tidak menggubris dengan alasan perintah atasan,” ujar Diding Rahmat.

Berdasarkan data pihaknya terdapat sekiranya 120 orang massa aksi yang ditangkap dan ditahan di Polres Cirebon Kota. Mereka  terdiri dari berbagai Ormas mahasiswa dan Ormas Pemuda.

“Ada  mahasiswa Uniku dan Ormas pemuda Pembaru yang di sweeping beserta kendaraan roda dua mereka diangkut ketika membubarkan diri setelah melakukan aksi damai di sekitar Jalan Kartini Kota Cirebon,” jelasnya.

Tindakan Pihak Polres Cirebon Kota ini sangat jelas bertentangan dengan ketentuan Kitab Hukum Acara Pidana (KUHAP) bahwa Saksi atau Tersangka berhak didampingi oleh Penasihat Hukum atau Advokat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lebih lanjut  tindakan ini pun bertentangan dengan UU No 18 Tahun 2003 Tentang Advokat, UU No. 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum serta UU No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia dan Kovenan Internasional Tentang Hak Sipil dan Politik. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Dengan dipimpin mobil bak terbuka, massa dari Uniku akhirnya datang ke sekitar gedung dewan. Massa Uniku yang sebelumnya melakukan longmarch dari...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Lagi, untuk yang kedua kalinya gedung DPRD Kabupaten Kuningan didatangi gelombang massa. Namun, gelombang massa kali ini membawa golongan dan tuntutan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Massa akhirnya bubar setelah waktu menunjukan pukul 11.00 WIB siang. Massa membubarkan diri, setelah tuntutannya ditandatangani oleh Badan Kehormatan terkait Zul...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Insiden menegangkan terjadi saat aksi demo mahasiswa menuntut Nuzul Rachdy mundur, Jumat (9/10/2020) siang. Pasalnya, massa sempat ‘ricuh’ dan dorong-dorongan dengan...

Advertisement