Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Desa Pinunjul Masuk Data Desa Miskin Esktrim

KUNINGAN (MASS) – Pencapaian visi Kuningan Maju (Makmur, Agamis dan Pinunjul) Berbasis Desa, kelihatannya patut diingatkan berbarengan dengan ultah Kuningan yang ke 524 ini. Peringatannya bukan hanya sekadar yang baik-baik saja, namun perlu juga diingatkan kekurangannya agar tidak memunculkan keterlenaan.

Satu point yang cukup menggelitik yaitu masuknya beberapa desa yang ditetapkan sebagai Desa Pinunjul tapi pada kenyataannya divonis miskin ekstrim. Fenomena ini patut menjadi bahan kajian lantaran menjadi sebuah ironi.

Dari data yang diperoleh, di Kabupaten Kuningan ini telah ditetapkan 100 Desa Pinunjul sejak 2019. Sebarannya di banyak kecamatan. Tapi kemudian, dari 100 desa pinunjul tersebut, terdapat tiga desa yang divonis miskin ekstrim.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ketiga desa tersebut antara lain Desa Cibingbin Kecamatan Cibingbin, Desa Kalimanggiskulon Kecamatan Kalimanggis, dan Desa Gunungsari Kecamatan Cimahi. Beruntung masih 3 desa. Bagaimana kalau puluhan desa? Jangan sampai muncul meme “Miskin Pinunjul”.  

Sebagai bahan refleksi ultah Kuningan, tulisan singkat ini dianggap cukup. Sebab kalau bahasannya merembet ke jalan rusak, nasib bangunan RSCI, atau polemik pameran pembangunan yang membuat persiapannya gerasah-gerusuh, nanti bakal panjang lagi.

Apalagi kalau membahas segudang penghargaan yang berhasil diraih Kuningan semisal opini WTP, layak anak dan lain-lain. Wilujeng milangkala Kuningan nu ka 524. (deden)  

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pendirian tenda dan persiapan-persiapan Pameran Pembangunan Hari Jadi Kuningan ke-524 di Terminal Tipe A Kertawangunan, terpaksa dihentikan untuk sementara. Hal itu,...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Menjelang perayaan HUT RI ke 77 dan Hari Jadi Kuningan ke 524, Kelurahan Kuningan menyebar proposal permintaan sumbangan kepada para pihak...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Pada Sabtu (5/3/2022) kemarin, sebanyak 125 mahasiswa dibekali dan dilepas untuk mendampingi UMKM terutama di wilayah desa yang miskin ekstrim di...

Government

KUNINGAN (MASS) – Rapat Paripurna HUT Kabupaten Kuningan ke 522 yang diselenggara kan oleh DPRD Kuningan merupakan sebuah refleksi pembenahan pembangunan daerah. “Dimana Pemerintah...

Advertisement