Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Desa di Atas Awan Didorong Jadi Kawasan Wisata

CINIRU (MASS) – Wabup Kuningan, HM Ridho Suganda, SH MSs mendorong Pemdes Gunungmanik Kecamatan Ciniru untuk berinovasi demi kemajuan wilayahnya.

Salah satunya dengan mengembangkan potensi yang ada di desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penghasilan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Anak bungsu mantan  Bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda itu menilai desa yang ia juluki di atas awan cocok menjadi kawasan wisata.

Hal tersebut terungkap saat Wabup Edo elakukan kunjungan kerja di Desa Gunungmanik, Rabu (1/7/2020). Didampingi Camat Ciniru, Indra Nugraha Ishak beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Wakil Bupati diterima langsung Kades Gunungmanik, Rukmin Nuryadin SPd.

“Desa Gunungmanik ini memilki potensi wisata alam Curug Payung. Selain itu juga memiliki potensi perkebunan kopi 15 hektar dan pala 30 hektar. Ini perlu dikembangkan, agar potensi-potensi yang dimiliki menjadi sumber penghasilan bagi desa,” katanya.

Selain itu, Wabup juga terus mendorong upaya Bumdes Gunungmanik yang kini tengah mengembangkan produksi minuman buah pala dan kopi dengan merek ‘Kopi Ciraja’.

“Saya sudah coba minuman dari buah pala dan Kopi Cirajanya, rasanya luar biasa. Ini perlu dikembangkan pemasarannya, untuk perizinannya saya siap bantu,”  tandasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan melihat potensi yang dimiliki, maka ia mendorong Gunungmanik untuk menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Kuningan.

“Kalau melihat potensi yang ada, Desa gunungmanik sudah layak dan harus menjadi desa wisata. Insya Allah dengan segala keterbatasan yang saya miliki, saya mensupport untuk mewujudkan keinginan kita semua menjadikan Desa Gunungmanik sebagai desa wisata yang dapat dinikmati semua masyarakat,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Edo juga mengingatkan seluruh jajaran Pemdes Gunungmanik untuk terus waspada terhadap ancaman pandemi Covid-19.

Ia meminta Pemdes terus aktif dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 dengan terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Business

KUNINGAN (MASS) – Freshly Made, Best Price, Premium Test, itulah slogan yang diusung Mr Coffeeholic Kuningan. Sebuah usaha yang menawarkan beragam jenis minuman dengan...

Business

KUNINGAN (MASS) – Meski terletak cukup dalam, masuk sebuah gang di Dusun Manis Desa/Kecamatan Mandirancan Kuningan. Tapi , namanya cukup tersohor di wilayah utara...

Business

KUNINGAN (MASS) – Konsep yang berbeda ditawarkan Kopi Hilir. Sebuah kedai yang terletak di Jalan juanda, Kuningan. Disaat kedai-kedai berlomba untuk mendatangkan banyak orang...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Ketua Pansus VIII DPRD Jabar Yosa Octora Santono SSi MM menerangkan, pihaknya tengah bekerja dan telah melakukan serangkaian kunjungan kerja. Hal ini...

Advertisement