Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Desa Babatan Jaga Tradisi

KUNINGAN (MASS)-  Hingga saat ini warga Desa Babatan Kecamatan Kadugede menjaga tradisi setiap menghadapi bulan puasa. Tradisi itu adalah melakukan ngobeng alias ngagobyag lauk di  pada Minggu (05/05/2019) pagi.

Kegiatan yang melibatkan ratusan orang ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama, didampingi Wakil Ketua TP PKK, Ny. Yuana Ridho Suganda. Pada ngobeng ini didominasi  oleh warga RT 01 dan RT 02.

Kolam ikan milik warga yang digunakan ngobeng, sebelumnya ditebar ikan sebanyak 1 kwintal oleh Hj Ika Acep Purnama. Ratusan warga sangat antusias mengikuti acara ngobeng lauk.

Kegiatan ngobeng berjalan dengan sukses, Ika dan masyarakat terlihat membaur di lokasi kegiatan. Hampir seluruh warga dusun pahing tumpah ruah di kolam saling berebut ikan yang ditebar.

Penyelenggara ngobeng lauk, Atik Girin atau biasa dipanggil Motty selaku Ketua RT 01 merasa bahagia bisa bekerjasama dengan Ibu bupati untuk melakukan kegiatan ngobeng lauk. Hal itu dibuktikan dengan ditebarnya ikan sebanyak 1 kwintal yang dipersembahkan untuk masyarakat Desa Babatan.

“Terima kasih atas dukungan dari Ibu Hj. Ika Acep Purnama dan Ibu Yuana Ridho Suganda yang berkenan menyempatkan hadir dalam kegiatan ngobeng lauk dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Insya Allah kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan,”terang Motty.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama mengapresiasi kegiatan ngobeng lauk yang dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Semoga dengan kegiatan ngobeng lauk ini dapat lebih meningkatkan tali silaturahmi antara warga satu dengan warga lainnya,”pungkas Ika.

Saya berpesan selama menjalankan Ibadah puasa di bulan Ramadhan,  bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sucikan hati benahi diri, lakukan ibadah sepenuh hati untuk mengharap Ridho Ilahi karena bulan ini merupakan bulan penuh ampunan. (agus)

You May Also Like

Religious

SUBANG (MASS) – Pondok pesantren Al-istiqomah Subang Kuningan tidak memilih meliburkan santrinya. Pasalnya, meski saat ini di tengah pandemi, pesantren memilih melakukan proteksi dengan...

Village

KUNINGAN (MASS) – Meski Pemenang Pilkades sudah diketahui sejak tanggal 3 November. Namun, tidak semua pemenang langsung merayakan keberhasilnya. Mereka ada yang memilih menikmati...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Setelah Desa Andamui Kecamatan Ciwaru diterjang banjir pada Rabu (6/2/2018) sore. Warga Kuningan kembali dikejutkan dengan kejadian yang sama pada Jumat (7/2/2019)...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Suasana liburan Idul Fitri rupanya dimanfaatkan oleh masyarakat di tiga desa untuk ngobeng. Tiga desa itu diantaranya Desa Sidamulya, Gandasoli dan...

Advertisement