Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Government

Datang Ke Kuningan, Wamen Agama RI Resmikan Dua KUA

KUNINGAN (MASS)-  Setelah melaksanakan Ibadah Salat Magrib,  Sabtu (29/8/2020) Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, yang masih didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, meresmikan sekaligus menandatangani peresmian 2 KUA di Kabupaten Kuningan.

Adapun kedua KUA itu adalah KUA Kecamatan Garawangi dan KUA Darma. Persimain  Sabtu (29/8), di KUA Kec. Garawangi.

Hadir pada peresmian Bupati Kuningan, Acep Purnama dan Direktur Bina KUA, dan Keluarga Sakinah Kemenag RI, Muharam Marzuki dan Kepala Kemenag Kuningan Dr Hanif Hanafi.

Peresmian 2 KUA ini bertepatan dengan Ulang Tahun Kabupaten Kuningan yang ke 522 tahun. Wamen memberikan kado hadiang kepada Bupati Kuningan dengan diresmikannya gedung KUA tersebut sebagai kado hari jadi Kuningan yg ke 522

“Tentunya pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji ini akan meningkatkan pelayanan umat,” ujarnya.

Dalam pelaporannya juga Kementrian Agama menyebutkan sedang melakukan terus pembenahan khususnya terhadap Kantor Urusan Agama. Karena KUA merupakan layanan terdepan untuk masyarakat.

Pihaknya  berharap di kantor KUA inilah dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya pada masyarakat dengan memberikan komitmen pada masyarakat agar kebutuhannya dapat dilayani dengan baik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dan selama masa pandemi KUA harus melayani pendaftaran secara online dengan peningkatan yang baik,”  ujar Wamen.

Ditempat yang sama Kepala Kanwil Jabar Adib mengatakan sudah 5 KUA yang didirikan menggunakan dana SBSN di Kuningan.

“Hari ini, Pak Wamen dan rombongan sudah mengunjungi 3 kabupaten/kota dan setelah dari Kuningan langsung menuju Ciamis,’ ujar Aib.

Kunjungan ini bertujuan agar dapat bertambahnya pelayanan fasilitas masyarakat yaitu manasik haji di Kantor Urusan Agama Kecamatan Garawangi dan Kecamatan Darma.

“Sebuah prestasi bagi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuningan. Karena pada program 2020 ini, menjadi yang pertama yang dapat selesai tepat waktu,” ujarnya lagi.

Hal ini Menunjukan bahwa pekerjaan projek nasional dilaksanakan sebaiknya dengan tepat sasaran.  

Pihaknya bersyukur dapat kerjasama kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Kementrian Agama telah menghasilkan program layanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Program-program kerjasama ini harus ditingkatkan untuk meningkatkan layanan,”  ujar Kepala Kanwil lagi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di Kabupaten Kuningan dari 32 kecamatan baru kurang lebih 5-10 dalam tahap renovasi. Namun hasil koordinasi yang baik antara pemerintah agama dan kabupaten mendukung program ini untuk tetap dapat berjalan dengan lancar.

“Sesuai dengan visi Kabupaten Kuningan maju yang salah satunya yaitu agamis. Serta adapun beberapa inovasi untuk KUA yang masih perlu dikembangkan yaitu, SIMKAH yaitu sistem informasi manjemen menikah yang bisa di akses melalui simkah.kemenag.go.id,” jelasnya.

Peningkatan-peningkatan prasarana, melakukan peningkatan sumber daya manusia. Hal itu  agar para penegak KUA di lapangan bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan terus mengembangkan program, agar KUA bisa melaksanakan tugas secara transparan.

Sementara itu, Bupati Kuningan mengucapkan selamat datang pada Wakil Menteri beserta rombongan dalam kunjungannya di Kabupaten Kuningan. Berharap banyak hal yang bermafaat yang diperoleh dengan kunjung wamen. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)-  Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji di KUA Kecaatan Darma dan Garawangi hampir kelar. Pebangunan ini dibiayai dari dana SBSN anggaran tahun...

Advertisement