Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Culinary

Cobain deh, Tape Ketan Bu Misrah Asli Kuningan

CIGUGUR (MASS) – Para pelancong yang datang ke Kuningan, biasanya menyempatkan diri untuk menyiapkan buah tangan dari kota kuda. Salah satunya berupa makanan khas, tape ketan.

Salah satu pembuat ketan tape yang sudah malang melintang dan turun temurun ada di Dusun Puhun Kelurahan Cigugur Kecamatan Cigugur. Penerus generasi saat ini dari Tape Ketan Ibu Misrah mengaku sudah mendapatkan resep tape sejak tahun 1945.

“Bisa jadi se-Kuningan mah paling tua lah,” terangnya saat ditemui di lokasi, Sabtu (4/1/2020) siang.

Di Tape Ketan Ibu Misrah, kru kuninganmass.com melihat langsung proses pembungkusan ketan matang dengan memakai daun jambu air yang sudah dipanaskan. Tape tersebut, selanjutnya akan diberikan ragi dan dibiarkan selama 3 hari kedepan untuk mendapatkan rasa manis.

“Beras ketannya juga pilihan, tapi kita dapet dari Kuningan. Sehari bisa abis 50 kiloan, tergantung pesanan sama tenaga disini,” ujar penerus Tape Ketan Ibu Misrah saat pengerjaan bersama 6 orang pekerja lainnya.

Dirinya menyebut, awal mula didirikannya pusat ketan tersebut, karena ibu Misrah sejak dulu memang sangat ketagihan dengan ketan.

“Dulu mah, sampe daunnya yang ada air manisnya tuh dijilatin saking senengnya. Kalo sekarang, bikin dari awal sampe jadi sekitar 3-4 harian lah,” terangnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Saat ini, di Tape Ketan Ibu Misrah tape dijual dengan harga 1.250/biji. Biasanya dalam ember kecil dengan isi sampai 70 buah dengan bandrol Rp.100 ribu, dan ember besar dengan 100 buah dibandrol Rp. 125 ribu.

“Ada bonusnya kok, lagian Tape kita udah sampe kemana-mana, dibawa sama orang indonesia ke luar negri juga,” ujarnya. (eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Culinary

KUNINGAN (MASS) – Bagi kalian yang masih kebingungan nyari makanan Japanese Food Sushi, yang satu ini bisa jadi referensi. Sushi.house, sesuai namanya disini memang...

Culinary

KUNINGAN (MASS) – Bagi kalian yang mungkin seneng mie ayam atau bakso, bisa coba ke tempat yang satu ini. Namanya Mie Ayam dan Bakso...

Business

KUNINGAN (MASS) – Salah satu jajanan yang sangat umum di Kuningan adalah martabak. Tentu saja, jajanan tersebut bisa kita temui di banyak titik Kuningan....

Business

KUNINGAN (MASS) – Bagi kalian yang lagi nyari jajanan kekinian dengan harga terjangkau, bisa banget mampir ke tempat yang satu ini, Dalgona Kuningan atau...

Advertisement