Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Cileuya juga Diterjang Banjir, 13 Rumah, Jalan dan Sawah Terendam

KUNINGAN (MASS)- Kejadian banjir juga bukan hanya terjadi di Desa Cibingbin tapi juga Desa Cileuya Kecamatan Cimahi. Di wilayah tersebut banjir terjadi ada pukul 16.45 WIB.

Banjir terjadi karena air sungai sungai Cileuya meluap. Bukan hanya banjir tapi juga insiden pohon jati Tumbang ke Jalan Raya Luragung-Cibingbin di  sekitar Kiara Domba Cileuya

Menurut Camat Cimahi Syarifudinsyah lokasi banjir terjadi di Dusun Puhun RT.001/001, RT.002/002, Dusun Wage RT 004 RW 003 dan Jalan Raya Luragung-Cibingbin.

Total ada   13  rumah terkena banjir dengan ketinggian bervariasi mencapai ± 30 s/d 100 cm, Banjir juga menggenangi  sawah di Blok Sawah Lega sampai muara lebak Cilebak Dusun Puhun.

“ Sewwa terkena lumpur dampak dari air banjir sungai, sebagian tanaman padi rusak. Kemduian    Lalu lintas jalan raya Luragung – Cibingbin terganggu,” jelasnya Senin malam.

Akibat banjir kerugian yang ditimbulkan, adalah terjadi kerusakan/kerugian sebagian kecil barang rumah tangga terendam air banjir di Dusun Puhun dan di Dusun Wage.

Penyebab banjir adalah lanjut mantan Camat Nusaherang ini adalah hujan dengan intensitas tinggi pada hari Senin mulai Pukul 15.30 WIB-17.30 WIB.

Diterangkan,  hujan instensitas tinggi dari wilayah selatan Desa Cileuya daerah sekitar hulu sungai berjarak ± 7 km, sehingga mengakibatkan air sungai Cileuya meluap lalu masuk ke rumah warga dan membanjiri daerah pesawahan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terkait upaya penanganan darurat adalah masyarakat membantu mengangkat barang-barang yang terendam banjir bersama Aparat Desa.

Adapun kebutuhan adalah normalisasi sungai Cileuya dengan pemasangan/pembangunan TPT wilayah sungai Cileuya yang rawan banjir memasuki kawasan pemukiman warga. Sedangkan  yang dibutuhkan pasir, semen, batu kali, batu splitd, besi beton dan bronjong kawat.

Sementara untuk keamanan selanjutnya di sekitar Jalan Raya Luragung-Cibingbin yang masuk wilayah Desa Cileuya harus dilakukan penebangan pohon-pohon disebalah kiri dan kanan jalan.

“Perlu dukungan surat Bapak Bupati Kabupaten Kuningan untuk pelaksanaan penebangan tersebut,” jelasnya.

Untk kondisi terkini air sungai sudah mulai surut sedikit demi sedikit. Lalu, Barang-barang yang bisa diamankan sudah di pindahkan ke rumah tetangga yang tidak terkena dampak banjir.

Sementara  Jalan Raya Luragung-Cibingbin sekitar Kiara Domba Cileuya sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun lebih.

NAMA-NAMA YANG TERDAMPAK

N0   NAMA ALAMAT

1    JALIL     DUSUN WAGE RT.005/003 CILEUYA

Advertisement. Scroll to continue reading.

2    WAWAN     DUSUN WAGE RT.005/003 CILEUYA

3    H. LUKMAN DUSUN WAGE RT.005/003 CILEUYA

4    DUDU BIN KASIDI    DUSUN WAGE RT.005/003 CILEUYA

5    TARSUM    DUSUN WAGE RT.005/003 CILEUYA

6    UJANG KURNIA  DUSUN WAGE RT.005/003 CILEUYA

7    SELI DUSUN PUHUN RT.002/002 CILEUYA

8    H. ANAS ALM   DUSUN PUHUN RT.002/002 CILEUYA

9    JAMIL     DUSUN PUHUN RT.002/002 CILEUYA

10   YOS ROSADA    DUSUN PUHUN RT.002/002 CILEUYA

Advertisement. Scroll to continue reading.

11   MINUT     DUSUN PUHUN RT.002/001 CILEUYA

12   CARLA     DUSUN PUHUN RT.002/001 CILEUYA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement