Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Bupati Dukung Geothermal Dinilai Sangat Melukai Hati Rakyat

KUNINGAN (MASS) – Menanggapi kabar adanya Sekda Kuningan mempimpin rapat Penjelasan Teknis Pelaksanaan Kegiatan survey 3 G (Geologi, Geofisika, dan Geokimia) terkait gheothermal ditambah lagi Bupati Kuningan mendukung eksplorasi panas bumi, menuai antipati.

Salah satunya dari Ismah Winartono, salah seorang pengurus DPP KNPI yang juga kader PKB. Ia mengatakan, hal itu dinilai sangat melukai hati rakyat.

“Sekda memimpin rapat, ditambah Bupati Kuningan dengan lantang menyebutkan ‘pada prinsipnya Pemkab Kuningan mendukung sepenuhnya eksplorasi panas bumi yang akan dilakukan oleh pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM RI di kawasan Gunung Ciremai’, ini sangat melukai hati rakyat,” tandasnya, Jumat (11/6/2021).

Selama ini, imbuh wanita cantik yang akrab disapa Ima itu, pemkab terkesan menutup-nutupi. Banyak warga Kuningan belum mengetahui rencana eksplorasi geothermal di gunung ciremai.

Dan perlu menjadi catatan, sambungnya, selama ini masyarakat Gunung Ciremai penyuplai sayur untuk Cirebon. Masyarakat bergantung pada hasil tani dan kebun. Seharusnya, pemerintah bisa memperhatikan hal ini. Bukan malah pro kepada kebijakan yang lagi-lagi melukai hati rakyat.

“Kita perlu khawatir ada eksplorasi geothermal ini akan mengakibatkan debit air dan kualitas air menurun. Kami juga khawatir gempa tektonik.

Kalau pemkab merasa mampu silahkan datangkan ahli jelaskan dimana penjelasan yang mampu menerangkan bahwa geotermal tidak merusak lingkungan. Seramah-ramahnya geothermal yang dijanjikan pihak Chevron, pasti akan ada hal yang negatif untuk masyarakat sekitar,” ketusnya.

Ima menegaskan, warga ingin hidup tentram dari hasil pertanian. Mereka kini lebih memikirkan bagaimana caranya agar lahan pertanian terus bertambah sehingga hasil yang diperoleh lebih melimpah.

Sebagai pentolan dari partai nasionalis, kata Ima, adalah sebuah keniscayaan sikap bupati ini harusnya mengeluarkan kebijakan yang pro rakyat. Seperti pepatah bung karno “Lebih baik makan gaplek tapi merdeka, daripada makan bestik tetapi budak..”.

“Dari mulai 7 tahun yang lalu sampai dengan hari ini dan sampai kapanpun, melindungi Gunung Ciremai adalah harga yang tidak bisa ditawar, karena gunung merupakan sumber kehidupan. Rakyat bersatu tak bisa dikalahkan, tolak gheotermal!,” tandasnya. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PAM

Bank Kuningan

PD

PKB

Advertisement
Advertisement
Print
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Pelarangan hiburan pada hajatan dikeluhkan banyak orang. Terutama bagi mereka yang menggantungkan nafkahnya dari panggung hiburan. “Menyikapi perbup yang dikeluarkan terutama...

Advertisement